Cegah Kebocoran dan Rembesan Air Hujan, Coba Pakai Waterproofing

Natasha Oktalia, Jurnalis · Kamis 24 September 2020 10:52 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 24 470 2282878 cegah-kebocoran-dan-rembesan-air-hujan-coba-pakai-waterproofing-JlRtOQh1rD.jpeg Rumah (Foto: Ilustrasi Shutterstock)

JAKARTA - Salah satu cara untuk menanggulangi kebocoran pada rumah adalah menggunakan pelindung anti bocor/waterproof. Apalagi di musim penghujan seperti sekarang ditambah dengan intensitas hujan yang tak menentu.

Waterproofing merupakan bahan pelindung kedap air yang digunakan untuk mencegah adanya air rembesan yang masuk ke dalam rumah yang berasal dari dinding atau atap rumah. Biasanya, penggunaan waterproofing ini selalu menjadi solusi tepat untuk menangani masalah di musim penghujan.

Baca juga: 7 Cara Hemat Listrik dengan Manfaatkan Cahaya Alami

Namun idealnya, pengaplikasian waterproof ini digunakan pada tahapan awal pembangunan rumah. Sehingga hal tersebut menjadi bagian dari antisipasi dan pencegahan kebocoran atau rembesan sejak awal. 

Seperti yang dijelaskan dalam Buku Pintar Mengatasi Kebocoran and Rembes karya Johnwei Muljono, Jakarta, Kamis (24/9/2020). Secara umum, pelindung anti bocor dan rembes ini diaplikasikan pada sisi positif.

Baca juga: 5 Manfaat Declutter yang Bikin Rumah Jadi Lebih Harmonis

Salah satu contohnya yakni pada dinding bagian luar sebaiknya pelindung anti bocor diaplikasikan pada dinding bagian luar atau pada sisi positif. Untuk saat ini, sudah mudah untuk waterproofing ditemui di berbagai toko bangunan. 

Umumnya terdapat tiga macam waterproofing yang sering digunakan seperti anti bocor integral, anti bocor ini merupakan produk yang dicampurkan dengan adukan beton sebelum dicor. Kelebihan dari jenis ini adalah selain praktis, kedap air tentunya tidak mudah retak.

Selanjutnya ada pula yang berbentuk jenis lembar, jenis ini umumnya dibuat dari bahan plastik dengan permukaan yang dilapisi dengan pasir, batu atau fiber untuk memperkuat struktur. Yang terakhir adalah jenis coating, jenis ini merupakan anti bocor yang diaplikasikan ke beton/dinding dengan menggunakan kuas atau coating.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini