Resesi Kian Dekat, RI Masuk 92% Negara di Dunia yang Diramal Krisis

Rina Anggraeni, Jurnalis · Jum'at 25 September 2020 13:44 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 25 320 2283597 resesi-kian-dekat-ri-masuk-92-negara-di-dunia-yang-diramal-krisis-hiauKIeNNN.jpg Resesi (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mengumumkan ada 92% negara di dunia yang bakal resesi karena perekonomiannya terdampak pandemi covid-19.

Kepala BKF Febrio Kacaribu mengatakan, data itu berdasarkan hasil survei World Bank atau Bank Dunia. Hal ini dikarenakan pandemi Covid-19 ini menekan ekonomi Indonesia.

"Bank Dunia untuk 2020 sudah menghitung, lebih dari 92% negara akan krisis, negatif pertumbuhannya. Poinnya, ini sesuatu sangat berat dan melanda seluruh dunia," kata Kepala BKF Kementerian Keuangan Febrio Kacaribu dalam video virtual, Jumat (25/9/2020).

Febrio mengatakan, Indonesia termasuk negara yang akan krisis berdasarkan hitungan Bank Dunia.

"Jadi di antara itu semua Indonesia termasuk relatif mild, mungkin too early kalau Indonesia relatif efektif menangani dampak covid terhadap perekonomian. Kita tidak tahu dan salah satu berpenduduk besar juga," katanya.

Dia menambahkan perekonomian Indonesia juga sudah mulai bergerak kembali. Pergerakan itu terlihat dari realisasi purchasing manufacture index (PMI) yang sudah cukup membaik. Serta data penjualan ritel.

"Program-program ke depan terus fine tuning sesuai pantau di lapangan. Untuk itu pemulihan dan program PEN perlu dijalankan dengan tepat," pungkasnya.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini