Penjual Minyak Kelapa Rela Banting Harga agar Tetap Laku

I Gede Juli Arsana, Jurnalis · Jum'at 25 September 2020 21:11 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 25 455 2283587 penjual-minyak-kelapa-rela-banting-harga-agar-tetap-laku-Ct7CeYp87H.jpg Minyak Kelapa (Foto: Juli/Okezone)

KLUNGKUNG - Sejumlah sektor industri mencoba tetap bertahan di tengah krisis akibat pandemi Covid-19. Salah satunya yakni minyak kelapa tradisional yang tetap mempertahankan dari kualitas, banting harga pun dilakukan para pengrajinnya.

Pergerakan industri minyak kelapa beralakangan kian lesu diterpa dampak Covid-19. Di samping itu, para pengusaha dituntut jeli dalam mengatasi ini, agar usaha tetap bisa berjalan.

Baca Juga: Cara Tarik Pelanggan, Murah Hati dalam Beri Diskon

Adapun yang dilakukan industri rumahan minyak kelapa di Desa Sulang, Kecamatan Dawan, Klungkung Bali. Salah satu pengrajin, Ni Wayan Sudiari yang sudah menggeluti usaha selama 15 tahun, dirinya harus rela menurunkan harga jual dari Rp19.000 per botol hingga Rp15.000 per botolnya. 

Hal tersebut dilakukan agar tidak kehilangan pelanggan di tengah sulitnya perekonomian saat ini. Di samping itu, dirinya juga menurunkan harga jual untuk mempertahankan keenam pekerja yang telah bertahun-tahun membantunya dalam memproduksi minyak kelapa.

Baca Juga: Mengenal Janda Bolong, Tanaman Sultan yang Punya Harga Selangit

"Minyak kelapa ini tidak hanya dipasarkan di wilayah Klungkung, hasil produksinya juga dipasarkan di seluruh pasar di Bali," kata dia, Jumat (25/9/2020). 

Produksi minyak kelapa sulang memang terkenal, hal ini dikarenakan proses pembuatannya yang masih tradisional. Bahkan cara memasaknya pun masih menggunakan kayu bakar, sehingga minyak terasa gurih.

Selain itu, pemilihan kelapa yang digunakan pun selalu menggunakan kelapa dari lokal Klungkung, Nusa Penida, dan kelapa dari wilayah Karangasem.

Dengan ini, Ni Wayang Sudiari, sang pengrajin kelapa pun berharap, pandemi segera berlalu. Pasalnya, hampir setengah pendapatannya berkurang.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini