Indonesia di Ambang Resesi, Waktu yang Tepat Investasi Properti

Giri Hartomo, Jurnalis · Jum'at 25 September 2020 15:34 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 25 470 2283701 indonesia-di-ambang-resesi-waktu-yang-tepat-investasi-properti-3nP18kDo81.jpeg Rumah (Foto: Ilustrasi Shutterstock)

JAKARTA - Industri properti diprediksi akan mengalami penurunan pada tahun ini. Hal tersebut menyusul adanya ancaman resesi ekonomi pada Indonesia di kuartal III-2020 akibat adanya pandemi virus corona.

Seperti diketahui, pada kuartal II-2020, ekonomi Indonesia -5,3% secara tahunan (year on year/yoy). Jika pada kuartal III-2020 minus lagi, maka secara sah ekonomi Indonesia mengalami resesi.

Baca Juga: Indonesia Terancam Resesi, Biasanya Orang Selalu Tahan Duit

Senior Associate Director Colliers International Indonesia Ferry Salanto mengatakan meskipun diprediksi menurun, industri properti masih menjadi investasi yang menarik. Justru menurutnya, pada masa seperti saat ini adalah saat yang tepat untuk memulai berinvestasi. 

Sebab, pada saat ekonomi sedang sukit harga properti akan stagnan bahkan cenderung menurun. Sedangkan, dalam kondisi normal harga properti akan terus naik.

Baca Juga: Jangan Takut Resesi, Selalu Ada Peluang dalam Kesusahan

“Seperti diketahui sebelumnya, sekarang adalah saat yang tepat untuk berinvestasi. Properti sebenarnya adalah industri yang tepat untuk berinvestasi,” ujarnya kepada Okezone, Jumat (25/9/2020). 

Oleh karena itu lanjut Ferry, properti bisa menjadi salah satu investasi yang tepat untuk jangka panjang. Karena, properti memiliki siklus yang unik dan pasti akan mengalami rebound.

“Masyarakat seharusnya tidak hanya melihat situasi dari perspektif jangka pendek karena industri properti memiliki siklus. Saat ini, meski cukup rendah, ada kalanya properti akan rebound,” jelasnya.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini