Percantik Rumah dengan Rak Barang, Pilih Besi atau Kaca?

Natasha Oktalia, Jurnalis · Minggu 27 September 2020 21:04 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 27 470 2284494 percantik-rumah-dengan-rak-barang-pilih-besi-atau-kaca-vFLDXOEgV4.jpg Pemilihan Konsep Rak untuk Mempercantik Rumah. (Foto: Okezone.com/Amerikanki)

JAKARTA - Rak merupakan salah satu elemen yangdipakai sebagai tempat menyimpan barang atau sebagai penghias ruangan. Rak pun semakin beragam dengan material dan bentuk yang beragam.

Salah satu kegunaan rak yang sangat sering dipakai oleh sejumlah orang yakni agar barang dapat tersimpan dan tertata dengan rapi. Namun, sebelum menata suatu barang pada rak alangkah lebih baik jika barang tersebut dipisahkan dan dipilah kembali mana barang yang akan diletakan pada rak.

Baca Juga: Menanam Tanaman Hias di Rumah, Simak Caranya

Nah untuk material dari rak sendiri saat ini sudah memiliki ragam jenis material. Mulai dari besi hingga kaca, namun pemilihan material tersebut berdasarkan keinginan dari sang pemilik.

Melansir dari buku Seri Rumah Ide: 80+ Rak Penyimpan karya Imelda Akmal Architectural Writer Studio, Jakarta, Minggu (27/9/2020). Berikut beberapa material pembuatan rak.

1. Besi

Besi merupakan material dengan tingkat kekuatan tinggi. Rak besi tentunya dapat menanggung beban yang berat, meski demikian keberadaan penopang pada struktur besi tetap dibutuhkan untuk mengantisipasi perubahan bentuk yang akan terjadi di kemudian hari.

Baca Juga: Ragam Desain Rumah, dari Art Deco hingga Minimalis

"Rak yang terbuat dari material besi cenderung memiliki kekuatan yang lebih baik dibanding rak yang terbuat dari kayu olahan ataupun kaca." jelas buku tersebut.

2. Kaca

Sifat kaca yang transparan dan menghasilkan tampilan modern merupakan salah satu alasan utama kenapa material ini banyak digunakan. Tapi rak dari kaca tersebut tidak dapat menahan beban yang terlalu berat, dibutuhkan ketebalan kaca yang cukup dan bantuan penopang yang tepat untuk menjadikan material ini sebagai rak.

3. Kayu

Ragam klasifikasi kayu dapat digunakan sebagai bahan dasar rak. Kayu yang langsung berasal dari pohon, kayu olahan atau kayu pabrikan juga dapat dijadikan alternatif pemilihan material rak.

Kayu yang berasal langsung dari pohon tanpa mengalami pengolahan akan menampilkan serat kayu yang lebih alami dibanding kayu olahan pabrik. Sementara itu, kekuatan kayu ditentukan oleh jenis kayu yang digunakan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini