Janda Bolong Lagi Viral, Pembeli Tak Tawar Harga Puluhan Juta Rupiah

Rina Anggraeni, Jurnalis · Selasa 29 September 2020 11:32 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 29 455 2285389 janda-bolong-lagi-viral-pembeli-tak-tawar-harga-puluhan-juta-rupiah-SLDJAS5V6e.jpg Janda Bolong (Foto: Rina Anggraeni)

JAKARTATanaman Janda Bolong atau Monstera Adansoni Variegata sedang digandrungi masyarakat. Ada saja masayrakat yang beli, salaupun harga janda bolong bisa mencapai ratusan juta rupiah.

Harga janda bolong yang meroket membuat pedagang tanaman hias menjadi untung. Salah satunya pedagang tanaman hias bernama Surani.

Baca Juga: Suasana Berbeda, Milenial Bisa Nikmati Konsep Vintage di Kafe Ini

Dia mengatakan dengan menjual tanaman janda bolong ini bisa meraup keuntungan sebesar puluhan juta. Hal ini dikarenakan tanaman ini satu helai daunnya saja dijual Rp10 juta.

"Jadi untung banget bisa puluhan juta karena satu helai daunnya saja tuh bisa Rp25 juta bahkan lebih kalau ada pembeli yang ingin banget enggak ditawar malah bikin kita untung," ujar Surani di Jakarta, Selasa (29/9/2020).

Baca Juga:  Sukses Jualan di Era Covid-19, Medsos Jadi Ladang Cuan

Kata dia, naiknya harga tanaman Janda Bolong disebabkan budaya latah setelah tanaman ini jadi tren di kalangan pemilik rumah elite dan rumah-rumah yang desainnya minimalis.

"Ini karena tanaman ini viral sih di media sosial jadi banyak diburu ibu milenial karena ibu milenial itu suka yang ngetren," jelasnya.

 

Dia menambahkan sejak beberapa bulan terakhir selalu ada orang yang mencari tanaman janda bolong. Tanaman hias ini memang memiliki beberapa jenis yang berbeda dengan tingkat perawatan yang berbeda pula, sehingga faktor ini sangat mempengaruhi harga.

"Mahal karena berbeda-beda jenis. Seperti (yang cukup mahal) Monstera veriegata. Coraknya putih hijau ada kekuning-kuningan, itu beda-beda jenisnya. Perawatan lebih susah, otomatis demand lebih tinggi, harga lebih tinggi lagi," tukasnya.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini