Tinggal Menunggu Waktu, RUU Cipta Kerja Segera Disahkan DPR

Taufik Fajar, Jurnalis · Rabu 30 September 2020 17:41 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 30 320 2286293 tinggal-menunggu-waktu-ruu-cipta-kerja-segera-disahkan-dpr-JR7MLZgkFh.jpeg Omnibus Law. (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyebut pemerintah bersama Badan Legislasi (Baleg) DPR telah menyelesaikan pembahasan sebagian besar pasal yang tercantum dalam Rancangan Undang-Undang (RUU) Omnibus Law Cipta Kerja.

Menurutnya, pembahasan RUU Cipta Kerja antara pemerintah dengan Baleg DPR sudah rampung.

 "Jadi, pemerintah bersama DPR sudah menyelesaikan terkait Cipta Kerja dan saya dapat menyampaikan bahwa hampir seluruh pasal-pasal telah disetujui bersama oleh pemerintah dan 9 fraksi di DPR," ujar dia, Rabu (30/9/2020).

Baca Juga: Besaran Pesangon PHK Dirumuskan Ulang dalam Omnibus Law

Pihaknya meyakini, RUU yang menuai banyak polemik tersebut dapat segera disahkan. "Ditargetkan dalam masa sidang ini akan diselesaikan,” ungkap dia.

Dia juga menambahkan, semakin cepat RUU sapu jagat itu diselesaikan, maka semakin cepat pula perekonomian nasional menuju suatu transformasi.

"Dengan selesainya ini maka, kita memasuki fase berikut. Di mana fase berikut melakukan transformasi ekonomi," tutur dia.

Baca Juga: 7 Substansi Perubahan RUU Ciptaker, Ada soal Jam Kerja hingga UMP

Sebelumnya, anggota Panitia Kerja (Panja) Rancangan Undang-Undang Omnibus Law tentang Cipta Kerja (RUU Ciptaker) Firman Soebagyo meyakini pembahasan RUU kontroversial ini dapat rampung pada 8 Oktober 2020 atau di penghujung masa sidang V DPR tahun 2020-2021. Karena, klaster yang mendapatkan banyak sorotan yakni ketenagakerjaan telah rampung.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini