7 Kiat Membangun Startup, Jangan Salah Pilih Tim Kerja

Safira Fitri, Jurnalis · Kamis 01 Oktober 2020 22:09 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 01 455 2286767 7-kiat-membangun-startup-jangan-salah-pilih-tim-kerja-LsTyW2g6Y9.jpg Ilustrasi Startup (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA - Dalam membangun sebuah usaha startup, ide saja tidak cukup. Pasalnya, ada begitu banyak unsur yang harus dipertimbangkan agar startup yang dibangun dapat terbentuk dengan ideal dan bertahan.

Khususnya bagi para pemuda yang saat ini sedang aktif ingin memulai startup, berikut adalah beberapa langkah yang dapat diterapkan seperti dilansir dari laman Instagram @kemenkopukm, Jakarta, Kamis (1/10/2020).

Pertama, buat rencana bisnis terlebih dahulu. Pikirkan deskripsi rencana bisnis perusahaan secara jelas dan rinci, kemudian tentukan strategi bisnisnya.

Baca Juga: Buruan, Mulai Hari Ini Uang Rp75.000 Bisa Ditukar di Seluruh Bank

Kedua, perhatikan pendanaan yang tepat. Untuk mengalokasikan biaya dalam membangun startup tidaklah sedikit, oleh sebab itu perlunya untuk menemukan pendanaan yang sesuai dengan rencana finansial.

Ketiga, temukan tim yang sesuai. Dalam sebuah usaha, diperlukan tim kerja yang dapat membantu membangun perusahaan, carilah orang-orang profesional di bidangnya.

Keempat, tentukan lokasi startup dan buat situs web. Sebab, pelanggan sering kali mencari informasi perusahaan di internet untuk membuktikan keberadaan perusahaan.

Baca Juga: Indeks Dolar AS Bergerak Flat

Kelima, pelajari marketing. Diperlukan mengatur strategi pemasaran agar mampu mencapai target profit yang diinginkan.

Keenam, bangun customer base. Raih pelanggan setia dengan memberikan mereka pelayanan terbaik.

Ketujuh, bersiap untuk apapun. Artinya yakni siap-siap untuk tantangan berikutnya dan lakukan inovasi.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini