Mengenal Batik Kawung yang Ada di Uang Rp75.000

Safira Fitri, Jurnalis · Jum'at 02 Oktober 2020 09:42 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 02 320 2287178 mengenal-batik-kawung-yang-ada-di-uang-rp75-000-hU5mBNjoxw.png Selamat Hari Batik Nasional (Foto: Okezone.com/Pinterest)

JAKARTA - Indonesia memperingati Hari Batik Nasional pada hari ini. Setiap batik di Tanah Air pun memiliki warisan dan kebudayaan yang luar biasa untuk selalu dimengerti.

Seperti pada uang khusus Kemerdekaan 75 Tahun Indonesia. Dalam pecahan Rp75.000, dari tiga kain nusantara yang sarat akan filosofi kehidupan. Salah satu dari kain tersebut adalah batik.

Baca Juga: Peristiwa 2 Oktober: Selamat Hari Batik Nasional

Batik Kawung adalah motif tua yang berasal dari tanah Jawa yang berbentuk seperti kolang-kaling disusun pada empat sudut persegi. Demikian dikutip dari laman Instagram @bank_indonesia, Jakarta, Jumat (2/10/2020).

Infografis

Batik Kawung mengandung makna pengendalian diri yang sempurna, antara lain hati yang bersih tanpa adanya keinginan untuk ria.

Baca Juga: Netizen Ramai-Ramai Ucapkan Selamat Hari Batik Nasional

Tidak hanya itu, dua kain lain yang ada pada uang khusus tersebut adalah Kain Gringsing (Bali) dan Songket (Sumatera Selatan). Untuk kain Gringsing merupakan satu-satunya kain tenun tradisional Indonesia yang dibuat menggunakan teknik double ikat dan memerlukan waktu produksi selama 2-5 tahun.

Sedangkan Songket merupakan salah satu motif awal kain songket khas Sumatera Selatan.Songket melambangkan kemakmuran, kemewahan, kesantunan, kehormatan, sekaligus penghormatan.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini