Jadi Tempat Pasien Covid-19, Hotel Dilarang Terima Tamu

Taufik Fajar, Jurnalis · Jum'at 02 Oktober 2020 10:07 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 02 320 2287189 jadi-tempat-pasien-covid-19-hotel-dilarang-terima-tamu-mBVao6FvJZ.jpg Perisapan Hotel Menjadi Tempat Isolasi Mandiri Covid-19. (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA - Pemerintah bekerja sama dengan Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) untuk mendata hotel-hotel bintang 2 dan 3 di provinsi-provinsi prioritas yang nanti digunakan untuk isolasi mandiri bagi Orang Tanpa Gejala (OTG) Covid-19.

Sekretaris Jenderal PHRI Maulana Yusran mengatakan, hotel-hotel yang akan dijadikan tempat isolasi mandiri itu, prosesnya cukup panjang. Seperti mereka harus mengajukan ke PHRI.

Baca Juga: Tingkat Hunian Kamar Hotel Berbintang Mulai Naik

Kemudian, lanjut dia, PHRI akan meneruskan usulan tersebut kepada Satgas Covid-19 di daerah tersebut. Lalu Satgas akan melakukan verifikasi pada hotel tersebut.

"Jadi setelah verifikasi ini, hotel harus standby dalam arti apabila sudah dibutuhkan maka mereka akan dikontrak dengan pemerintah," ujar dia, Jumat (2/10/2020).

Dia menegaskan, selama waktu standby ini hotel tidak boleh menerima tamu umum. "Jadi hotel akan benar-benar digunakan oleh OTG Covid-19 dan petugas kesehatan," ungkap dia.

Baca Juga: Cara Dekor Ruang Belajar Anak, Salah Satunya Kasih Rumus Einstein

Dia juga menambahkan, sudah ada beberapa wilayah di daerah yang hotel-hotelnya siap untuk menjadi tempat isolasi mandiri OTG Covid-19.

"Misalnya dari Pulau Sumatera itu, Aceh Riau, ada Pulau Jawa yakni Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur. Lalu ada Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Bali, Sulawesi Selatan dan Papua," tandas dia

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini