Jelang Resesi, Yuk Bikin Usaha agar Tak Cuma Andalkan Gaji

Fadel Prayoga, Jurnalis · Jum'at 02 Oktober 2020 10:38 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 02 622 2287207 jelang-resesi-yuk-bikin-usaha-agar-tak-cuma-andalkan-gaji-0ZsesbYtzg.jpg Tips Memulai Usaha. (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA - Pekerja diharapkan tak hanya mengandalkan gaji sebagai ladang pendapatan di tengah pandemi dan ketidakpastian ekonomi karena Indonesia segera resesi. Salah satu opsinya dengan membuka usaha supaya mendapatkan pundi-pundi pemasukan lain selain dari gaji bulanan.

Perencana Keuangan dari OneShildt Financial Planning Agustina Fitria menyarankan, agar bagi para karyawan yang masih bekerja untuk segera membuka jenis usaha apapun. Dengan adanya pemasukan dari penghasilan usaha, sehingga gaji nantinya bisa dialokasikan ke pos lain.

Baca Juga: 7 Kiat Membangun Startup, Jangan Salah Pilih Tim Kerja

"Usahakan menambah pemasukan dari sumber lain, untuk mengantisipasi risiko penurunan atau bahkan kehilangan penghasilan karena resesi. Manfaatkan hobi atau keahlian dan teknologi untuk meraih pasar yang luas. Misalnya dengan di bidang kuliner, atau menjadi reseller barang-barang yang banyak dibutuhkan masyarakat luas," kata Agustina saat dihubungi Okezone, Jumat (2/10/2020).

Baca Juga: Buruan, Mulai Hari Ini Uang Rp75.000 Bisa Ditukar di Seluruh Bank

Dia menambahkan, bagi yang sudah berkeluarga, sebaiknya sebelum memutuskan untuk membuka usaha supaya membicarakannya terlebih dahulu dengan seluruh anggota keluarga. Sehinnga, mereka bisa membantu menghitung berapa pengeluaran untuk kebutuhan sehari-hari selama sebulan.

"Libatkan seluruh anggota keluarga dalam pengelolaan keuangan. misalnya mencatat pengeluaran masing-masing, menggunakan listrik, air, dan internet seperlunya, untuk rencana pengeluaran besar lakukan diskusi sebelum eksekusi untuk memastikan kesiapan dana," ujarnya.(fbn)

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini