PHK Bikin Frustasi, Lakukan 7 Cara agar Bangkit Lagi

Safira Fitri, Jurnalis · Senin 05 Oktober 2020 14:08 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 05 622 2288616 phk-bikin-frustasi-lakukan-7-cara-agar-bangkit-lagi-mEEOabO4qe.jpg Karyawan (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Di masa pandemi seperti saat ini, begitu banyak hal yang terjadi di luar perkiraan dan di luar keinginan semua orang. Salah satu halnya seperti Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) kerap menjadi masalah yang saat ini banyak dilakukan.

Adapun para pekerja yang terkena PHK tersebut, beberapa di antaranya justru belum siap secara finansial. Diputuskan begitu saja pekerjaannya, tidak memiliki sumber penghasilan lain di luar pekerjaan tersebut.

Baca Juga: Menabung saat Resesi, 5 Mindset Ini Wajib Dihilangkan

Tentu kondisi ini menjadi masalah besar, bukan hanya memutuskan sumber penghasilan, melainkan menimbulkan beban-beban lainnya yang lagi-lagi berkenaan dengan masalah finansial.

Oleh sebab itu, faktor pendukung yang ada disekitar lebih baik turut memberi perhatian lebih dan mencoba mengerti keadaan yang dialami. Beri keyakinan bahwa kelak akan ada jalan yang lebih baik.

Selain itu, beberapa cara untuk memberi dukungan juga dapat dilakukan, sebagai berikut seperti dilansir dari laman Instagram @kemnaker, Jakarta, Senin (5/10/2020).

Baca Juga: Gaji Tak Dipotong saat Resesi, Jangan Lupa Berinvestasi

1. Aktif mendengarkan

2. Hibur dan tunjukkan sikap empati

3. Bantu cari peluang baru

4. Berikan pandangan positif

5. Tanyakan hal yang dibutuhkan

6. Jaga kepercayaan untuk tidak cerita kepada siapapun

7. Bantu hemat pengeluaran

Dorong dukungan-dukungan seperti di atas, agar orang tersebut mendapatkan semangatnya kembali dan segera bangkit dari keterpurukannya. Terus semangat ya.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini