Ingin Dapur Tetap Ngebul? UMKM Harus Cepat Banting Setir ke Bisnis Daring

Fadel Prayoga, Jurnalis · Jum'at 09 Oktober 2020 07:02 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 08 455 2290591 ingin-dapur-tetap-ngebul-umkm-harus-cepat-banting-setir-ke-bisnis-daring-KggH5stuTa.jpg Belanja Online (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA - Pandemi Covid-19 membuat pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) mengalami penurunan pendapatan yang amat tajam. Salah satu penyebabnya lantaran adanya pembatasan aktivitas sosial dan ekonomi yang bertujuan memutus mata rantai penyebaran wabah tersebut.

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengimbau kepada kelompok usaha itu untuk cepat beradaptasi menjalani bisnis secara daring. Karena, jika ingin terus menjadi wirausaha, mereka harus mengubah kebiasaan dari yang sebelumnya bertransaksi melalui tatap muka menjadi digital.

Baca Juga: Omzet 72,6% UMKM Turun akibat Pandemi

"Bagi UMKM, karena berpengaruh terhadap dapur mereka, tidak bisa menunda investasi, harus terus berusaha supaya dapur tetap ngebul," kata Teten dalam diskusi daring, Kamis (8/10/2020).

Dia menjelaskan, akibat pandemi ini transaksi di pasar daring atau e-commerce menunjukkan adanya peningkatan sebesar 26%. Namun sayangnya, kini jumlah UMKM yang melek digital angkanya masih terlalu kecil, yaitu hanya 13%.

 

"Kami akan dorong terus, pendampingan, konsultasi secara online. Karena ini akan memberikan manfaat untuk membantu UMKM melakukan adaptasi dan inovasi bisnis. Kelebihan dari umkm ini banting setirnya cepat," ujarnya.

Menurut dia, pandemi ini mengubah pola hidup masyarakat untuk lebih sering memanfaatkan teknologi dalam bertransaksi. Oleh sebab itu, mereka pun harus mampu mengikuti tren tersebut.

"Ini saya kira pola konsumsi baru yang saat ini senang belanja di online," katanya.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini