2 Penyebab Masyarakat RI Belum Melek Keuangan

Kunthi Fahmar Shandy, Jurnalis · Jum'at 09 Oktober 2020 16:22 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 09 622 2291151 2-penyebab-masyarakat-ri-belum-melek-keuangan-L7Awm89wxq.jpeg Tips Mengatur Keuangan (Ilustrasi: Shutterstock)

JAKARTA - Dalam rangka menyambut bulan inklusi keuangan, Otoritas Jasa Keuangan terus mengedukasi masyarakat terkait literasi dan keuangan.

Namun masih ada dua tantangan yang harus dihadapi dalam meningkatkan literasi dan keuangan di Indonesia yakni demografi dan geografis.

Baca juga: Instruksi Jokowi: Perluas Akses Keuangan untuk Seluruh Lapisan Masyarakat

Kepala Departemen Literasi dan Edukasi Keuangan Kristrianti Puji Rahayu mengatakan, kondisi geografi Indonesia yang terdiri dari 17 ribu pulau membuat layanan internet belum menjangkau ke seluruh Indonesia. Kemudian akses lembaga juga belum tersedia di beberapa wilayah.

"Selain itu, adanya perbedaan tingkat edukasi dan perekonomian masing-masing daerah di Indonesia," ujar Puji saat webinar di Jakarta Jumat. Maka dari itu diperlukan strategi untuk melaksanakan literasi dan keuangan di Indonesia.

Baca juga: Dorong Literasi dan Inklusi Keuangan, OJK Kuatkan TPAKD

"Pertama, harus melalui pendekatan komunitas. Kedua, penetapan 10 target prioritas dalam implementasi kegiatan literasi dan edukasi keuangan," ungkap dia.

Ketiga,penyusunan materi literasi keuangan digital berdasarkan tingkat kesulitan mulai dari dasar menengah dan lanjutan menurut target masing-masing. Serta keempat, penguatan dan pengembangan edukasi keuangan berbasis Massively Open Online Courses ( MOOC).

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini