Selain Vaksin Covid-19, Ini Oleh-Oleh Erick Thohir dari Inggris

Suparjo Ramalan, Jurnalis · Rabu 14 Oktober 2020 20:45 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 14 320 2293738 selain-vaksin-covid-19-ini-oleh-oleh-erick-thohir-dari-inggris-Hq8ZspQFzp.jpg Erick Thohir (Foto: Okezone)

JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mencatat ada empat hal yang menjadi bagian penting dalam kerja sama bilateral antara Indonesia dan Inggris. Kerja sama bilateral ini di luar dari pengadaan vaksin Covid-19.

Erick menyebut, kesepakatan kerja sama itu dilakukan usai delegasi Indonesia melakukan pertemuan dengan pemerintah negara setempat dan pihak swasta.

"Kami juga bertemu dengan beberapa partner yang ada di London, baik dari perusahaan negara atau pun pihak swasta," ujar Erick dalam konferensi pers secara virtual, Jakarta, Rabu (14/10/2020).

Dia pun merinci empat sektor yang menjadi subtansi dari pertemuan dengan sejumlah pihak yang kini menjadi partner pemerintah Indonesia. Pertama, kerja sama di sektor pariwisata. Erick menyebut, BUMN mendapat kesempatan untuk mengembangkan kawasan ekonomi khusus di sejumlah wilayah di Indonesia.

Dengan begitu, pemerintah Indonesia akan menggandeng sejumlah pihak di Inggris untuk menjadi bagian dari pengembangan daerah wisata di sejumlah daerah.

"Mengenai hal tourism yang kita buka kesempatannya apalagi dengan adanya kemudahan dari pada kami urusan BUMN bisa mendapatkan fasilitas daripada kawasan ekonomi khusus yaitu, nanti kita lihat apakah kemungkinan di Bali, apakah di Sumatera karena ini kita juga ingin memastikan tadi para kesempatan Indonesia menjadi pemain di dunia," kata dia.

 

Kedua, kerja sama di sektor industri kesehatan. Di sektor ini, pemerintah Indonesia akan mengembangkan fasilitas kesehatan guna memberikan pelayanan medis terbaik bagi masyarakat. Ketiga, kerja sama pendidikan.

"Industri kesehatan jadi yang tadinya masyarakat Indonesia banyak ke Singapura atau Malaysia untuk berobat, sekarang ada fasilitas yang juga terpercaya Indonesia ini bahian kerja sama dengan Inggris. Selain itu juga, mengenai kerja sama pendidikan, bagaimana bila dimungkinkan kita bisa bekerjasama dengan pihak daripada Inggris sendiri " kata dia.

"Keempat, kita menjajaki daripada energi dan industri pertahanan yang selama ini yang menjadi partner terbaik, pada kesempatan ini kita kemukakan menjajaki empat hal tersebut," ujar dia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini