Sengketa Lahan, Apa Kabar Proyek Sirkuit MotoGP Mandalika?

Giri Hartomo, Jurnalis · Jum'at 16 Oktober 2020 13:59 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 16 470 2294667 sengketa-lahan-apa-kabar-proyek-sirkuit-motogp-mandalika-P4SqAAl809.jpg Proyek Sirkuit MotoGP Mandalika. (Foto: Okezone.com/Twitter MotoGP)

JAKARTA - PT Pengembang Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Developmen Coorporation (ITDC) buka suara terkait rekomendasi dari Komite Nasional Hak Asasi Manusia (HAM) terkait kasus sengketa lahan di area sirkuit MotoGP Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB).

VP Corporate Secretary ITDC Miranti N Rendranti mengatakan, pihaknya menghormati rekomendasi Komnas HAM yang telah disampaikan pada pertemuan hari ini. Namun, pihaknya mengaku masih perlu untuk melakukan verifikasi lebih lanjut atas rekomendasi tersebut.

Baca Juga: Sirkuit Jalan Raya Pertama Dunia Dibangun di KEK Mandalika

“ITDC berharap permasalahan klaim lahan ini dapat segera diselesaikan dengan tetap berpijak pada koridor hukum dan aturan yang berlaku,” ujarnya melalui keterangan tertulis, Jumat (16/10/2020).

Meskipun begitu, lanjutnya, pihaknya memastikan bahwa proses penyelesaian klaim lahan ini tidak akan mengganggu kegiatan pembangunan The Mandalika, khususnya pembangunan Jalan Kawasan Khusus (JKK). Sebab, saat pembangunan tetap berjalan sesuai target dan rencana.

Baca Juga: Lido Bogor Bakal Jadi KEK Pariwisata Pertama di Jabar

Sebab lanjut Miranti, pihaknya hanya membangun di lahan yang masuk dalam HPL ITDC yang telah berstatus clean and clear.

“Dengan dukungan semua pihak, kami optimistis permasalahan ini dapat segera diselesaikan sehingga kami dapat menyelesaikan target pembangunan JKK pada pertengahan 2021 mendatang,” jelasnya.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini