Alibaba Siapkan Rp53 Triliun Akuisisi Supermarket Milik Miliarder Prancis

Giri Hartomo, Jurnalis · Senin 19 Oktober 2020 17:37 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 19 320 2296144 alibaba-siapkan-rp53-triliun-akuisisi-supermarket-milik-miliarder-prancis-iZA45VKGBj.jpg Alibaba Akuisisi Supermarket Miliarder Prancis (Foto: Okezone)

JAKARTA - Alibaba Group mengambil kendali operator hypermarket terbesar di China yakni Sun Art Retail Group dari keluarga miliarder Prancis Mulliez.

Alibaba Group menyiapkan dana sebesar USD3,6 miliar atau setara Rp53,01 triliun (mengacu kurs Rp14.700 per USD).

Mengutip dari SCMP, Senin (19/10/2020), upaya akuisisi ini untuk mengintegrasikan dari online menuju offline. Wacana ini membuat saham dari kedua perusahaan tersebut mengalami penguatan.

Nantinya, Alibaba Group akan memiliki saham mayoritas yakni 72% di grup yang terdaftar di Hong Kong. Hal ini akan mempengaruhi transaksi dengan membeli 70,9% saham di A-RT Retail Holdings, yang memiliki 51% Sun Art yang dikendalikan oleh Auchan Holding, unit investasi keluarga Mulliez,

Setelah selesainya pembelian saham, Alibaba juga tertarik untuk membeli sisa saham Sun Art seharga 17 miliar dolar Hong Kong atau setara Rp32,2 triliun. Harga tersebut mewakili premi 21% dari harga penutupan Jumat. Alibaba bermaksud untuk mempertahankan daftar Sun Art di bursa saham Hong Kong.

Baca Juga: Melihat Kemegahan Kantor Alibaba 

Saham Alibaba, yang memiliki South China Morning Post, melonjak 1,1% menjadi 297,20 dolar Hong Kong pada penutupan perdagangan di Hong Kong, setelah sebelumnya mencapai rekor harian 299,40 dolar Hong Kong. Sun Art melonjak 19% menjadi 9,45 dolar Hong Kong keuntungan satu hari terbesar sejak April 2015.

Operator merek hypermarket Auchan dan RT-Mart, Sun Art memiliki total 484 gerai di seluruh China hingga akhir Juni. Ini membentuk aliansi strategis dengan Alibaba pada 2017 untuk mendigitalkan tokonya. Hal ini dilakukan setelah raksasa teknologi itu berinvestasi di 36% saham dengan nilai 22,4 miliar dolar Hong Kong

“Karena pandemi Covid-19 mempercepat digitalisasi gaya hidup konsumen dan operasi perusahaan, komitmen terhadap Sun Art ini berfungsi untuk memperkuat visi ritel baru kami dan melayani lebih banyak konsumen dengan pengalaman terintegrasi sepenuhnya,” kata Chairman and Chief Executive of Alibaba Daniel Zhang.

 

Semua toko fisik Sun Art telah diintegrasikan ke dalam platform Alibaba, menyediakan pengiriman on-demand satu jam setengah hari melalui kolaborasi bisnis Alibaba lainnya seperti platform layanan pengiriman makanan online Ele.me dan Cainiao, anak perusahaan logistik, menurut pernyataan.

Hal ini dikarenakan peningkatan dalam beberapa tahun terakhir, pedagang asing telah berjuang untuk menemukan kesuksesan di pasar China dan keluar.

Jaringan supermarket Inggris Tesco meninggalkan China awal tahun ini, menyusul pengecer Jerman Metro yang menjual bisnisnya di China ke pengecer lokal Wumart tahun lalu. Penjual kelontong Prancis, Carrefour, melepas tokonya ke pengecer China Suning.com pada 2019.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini