UMKM dan Generasi Milenial Buat Industri E-Commerce Semakin Moncer

Giri Hartomo, Jurnalis · Rabu 21 Oktober 2020 15:17 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 21 455 2297237 umkm-dan-generasi-milenial-buat-industri-e-commerce-semakin-moncer-qZgj0OC6Zo.jpg Belanja Online (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Industri e-commerce di Indonesia mengalami perkembangan pesat seiring dengan kemajuan teknologi internet. Apalagi Indonesia menjadi salah satu negara dengan pertumbuhan Industri e-commerce terbesar di dunia.

Direktur Utama PT Bursa Efek Indonesia (BEI) Inarno Djajadi mengatakan industri e-commerce di tanah air masih akan terus tumbuh. Hal ini didorong dengan terus bertambahnya para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di tanah air.

Baca Juga: Ternyata Bisnis E-Commerce Sempat Diragukan

Ditambah, adanya perubahan gaya hidup dari masyarakat secara khusus generasi milenial. Para generasi milenial ini memilih untuk berbelanja dengan cara yang simple dengan cara menggunakan gadgetnya. 

"Indonesia menjadi salah satu negara dengan pertumbuhan industri e-commerce terbesar. Pertumbuhan e-commerce masih akan terus meningkat dengan bertambahnya jumlah pengusaha pelaku UMKM, startup dan perubahan lifestyle masyarakat Indonesia khususnya di antara para generasi milenial," dalam acara Seminar Capital Market Summit & Expo (CMSE) 2020 secara virtual, Rabu (21/10/2020).

Ditambah lagi pandemi virus corona (covid-19) semakin mendukung perubahan kebiasaan masyarakat untuk belanja. Karena masyarakat cenderung memilih untuk belanja lewat online dibandingkan harus datang langsung.

"Serta situasi pandemi yang mengubah kebiasaan masyarakat yang mengubah kebiasaan belanja masyarakat dari yang belanja di toko secara fisik menjadi belanja online," kata Inarno.

Menurut Inarno, perkembangan industri e-commerce bisa terlihat dari jumlah transaksi yang terus meningkat. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) pada tahun 2019 saja pertumbuhan usaha e-commerce mencapai 25,11%.

Padahal sebelumnya tahun 2010 usaha e-commerce di Indonesia hanya tercatat 1,53% saja. Jika melihat data tersebut, maka bisnis e-commerce di Indonesia cukup menjanjikan.

"Bisnis e-commerce memang sangat menjanjikan. Di Indonesia sendiri terdapat beberapa perusahaan e-commerce yang berkembang pesat," kata Inarno.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini