Kisah Pria Setengah Abad Raup Untung dari Lidah Mertua

Hana Purwadi, Jurnalis · Kamis 22 Oktober 2020 18:56 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 22 455 2297983 kisah-pria-setengah-abad-raup-untung-dari-lidah-mertua-6AkzyitNlf.jpg Tanaman Lidah Mertua (Foto: Greenkosh)

PROBOLINGGO – Pandemi Covid-19 membuat otak seseorang menjadi lebih kreatif. Salah satu contohnya seperti yang dilakukan Roni Cris (54) yang mempunyai hobi memelihara tanaman hias hingga akhirnya bisa meraup untung kurang lebih Rp15 juta per bulan.

Lelaki setengah abad itu mempunyai hobi menanam lidah mertua dan buah tin di sekitar rumahnya yang berlokasi di Kelurahan Ketapang, Kecamatan Kademangan, Kota Probolinggo. Dia dapat meraup untung sebesar Rp500 ribu hingga Rp750 ribu per hari.

Baca Juga: Belajar Bisnis Ikan Cupang Skala Rumah Tangga

Dia menjelaskan, mayoritas konsumen membeli daun tin untuk dijadikan direbus menjadi teh, karena dipercaya memiliki khasiat untuk menambah imun tubuh. Sementara itu, untuk tanaman lidah mertua mereka memanfaatkan bunganya untuk mensterilkan ruangan. 

“Untuk bunga lidah mertua dijualnya harga Rp100 ribu per pot kecil. Sedangkan teh buah tin dijual dengan harga Rp50 ribu per toplesnya,” kata Roni, Kamis (22/10/2020).

Dia mengatakan, akibat pandemi ini usahanya justru mendapat keberkahan tersendiri. Sebab, kini banyak yang sadar akan pentingnya kesehatan tubuhnya masing-masing.

“Teh daun tin bisa meningkatkan imun dan berbagai macam penyakit seperti ngilu tulang atau hipertensi. Sedangkan bunga lidah mertua, karena tanaman ini bisa mensterilkan ruangan dan biasanya ditaruh di dalam rumah. Karakter bunga lidah mertua yang mudah hidup tanpa perawatan khusus dan bermanfaat sehingga banyak warga yang membelinya,” kata dia.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini