Cara Terhindar dari Investasi Bodong Berkedok Koperasi

Aditya Pratama, Jurnalis · Kamis 22 Oktober 2020 13:11 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 22 622 2297724 cara-terhindar-dari-investasi-bodong-berkedok-koperasi-PvbmiLo5L2.jpg Penipuan Investasi (Shutterstock)

JAKARTA - Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM) terus melakukan pencegahan dari aksi investasi ilegal atau bodong berkedok koperasi. Dalam lima tahun terakhir tercatat delapan koperasi yang melakukan aksi investasi ilegal.

"Kami mencatat dalam lima tahun terakhir yang terkait koperasi secara langsung kita catat itu adalah kurang lebih sekitar delapan koperasi yang secara berulang, seperti Koperasi Pandawa, Langit Biru, Indosurya dan lainnya," ujar Deputi Bidang Pengawasan Kementerian Koperasi dan UKM, Ahmad Zabadi dalam acara Seminar Capital Market Summit And Expo 2020, Kamis (22/10/2020).

 Baca juga: Belajar dari Kasus MeMiles, 4 Akal Bulus Investasi Bodong Ini Patut Dihindari

Ahmad menambahkan, dengan adanya kejadian investasi ilegal berkedok koperasi turut membuat seluruh koperasi di Indonesia yang berjumlah 123.048 unit usaha koperasi aktif secara umum ikut tertekan.

"Secara umum (koperasi) merasa tertekan dengan satu informasi publikasi yang seakan men-judge bahwa koperasi menjadi tempat praktik investasi bodong atau ilegal yang memang realitasnya terdapat koperasi melakukan hal tersebut," katanya.

 Baca juga: Waspada, Pembobol Bank Sangat Profesional

Dia juga menyebut Kemenkop UKM senantiasa untuk terus melakukan sosialisasi, literasi dan berbagai upaya mitigasi terhadap investasi ilegal dan bodong berkedok koperasi.

"Hanya saja dilihat dari sisi persentase dan tingkat pemanfaatan koperasi saya kira dari 22 juta anggota koperasi sebagian besar merasakan manfaat koperasi," ucapnya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini