La Nina Ancam Indonesia, Petani Harus Apa?

Fadel Prayoga, Jurnalis · Jum'at 23 Oktober 2020 11:42 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 23 320 2298259 la-nina-ancam-indonesia-petani-harus-apa-1BrBkF202o.jpg Petani (Okezone)

JAKARTA - Sejumlah wilayah di Indonesia terancam dilanda fenomena La Nina. Sektor pertanian adalah salah satu yang terkena dampak dari adanya fenomena alam tersebut.

Kepala Biro Humas dan Informasi Publik Kementerian Pertanian (Kementan) Kuntoro Boga Andri mengimbau kepada para petani untuk melakukan berbagai upaya pencegahan. Sehingga, mereka tetap bisa memanen hasil taninya.

 Baca juga: La Nina Ancam Sektor Pertanian, Bagaimana Persiapan Kementan?

"Petani pada daerah endemik banjir dihimbau untuk waspada terkait jadwal penanaman, atau menggunakan varietas toleran genangan, varietas tahan organisme pengganggu tanaman (OPT)," kata Kuntoro saa dihubungi, Jumat (23/10/2020).

Dia menambahkan, para petani pun diminta juga melakukan perbaikan saluran pembuangan atau drainase.

"Selanjutnya, penerapan bedengan tinggi dan penggunaan sungkup plastik pada tanaman hortikultura seperti cabai dan bawang merah," ujarnya.

 Baca juga: Tak Disangka, RI Punya 'Harta Karun' Sektor Pangan

Seperti diketahui, beberapa daerah di Indonesia yang dipredisi terkena La Nina adalah Aceh, Sumatera Utara pesisir barat, Bangka bagian utara, Banten bagian selatan, Jawa Barat, sebagian Jawa Tengah, dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Kemudian, Jawa Timur, Bali, NTB, NTT, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur bagian barat, Kalimantan Utara bagian timur, Sulawesi Barat, Maluku, Papua Barat, dan Papua.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini