Kelola Dana Pensiun, RI Bakal Tiru Thailand

Rina Anggraeni, Jurnalis · Jum'at 23 Oktober 2020 16:21 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 23 622 2298473 kelola-dana-pensiun-ri-bakal-tiru-thailand-AWVH9mRl3w.jpeg Tips Mengatur Keuangan (Ilustrasi: Shutterstock)

JAKARTA - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) bakal mendesain skelam pengelolaan dana pensiun. Pengelolaan dilakukan dengan tata kelola investasi yang tepat (proper investment governance), manajemen risiko yang efektif, mengedukasi transparansi dan akuntabilitas serta pengawasan yang kuat.

Direktur Jenderal Anggaran (Dirjen Anggaran) Askolani mengatakan Indonesia akan mensontek skema pengelolaan pensiun dari negara Thailand.

Baca juga: Selain Pembiayaan dan Asuransi, OJK Beri Stimulus Dana Pensiun

"Kita perlu memastikan dana pensiun Indonesia sejalan dengan best practice internasional. Contohnya pada hari ini, bisa belajar dari pola pensiun Iran dan Thailand," ujar Askolani di Jakarta, Jumat (24/10/2020).

Dia juga mengatakan bahwa dana pensiun penting tidak hanya untuk pertumbuhan ekonomi dan pendalaman pasar keuangan tetapi untuk menyediakan perlindungan pensiun untuk seluruh orang Indonesia yang senior citizen (orang tua). Oleh karena itu, penting untuk menciptakan pengelolaan dana pensiun yang kuat sebagai prasyarat untuk sistem pensiun yang matang dan inklusif.

 

"Pengelolaan dana pensiun juga harus efektif diredesain dan diimplementasikan oleh institusi dana pensiun dan didukung oleh masyarakat," katanya.

Dia juga menekankan desain dana pensiun yang bagus adalah ada keseimbangan antara keuntungan yang cukup, pendanaan yang terjangkau dan program yang berkelanjutan.

"Kita ingin mendesain dana pensiun Indonesia di masa depan," pungkasnya.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini