Libur Panjang Akhir Oktober, Antisipasi Lonjakan Penumpang Kapal Laut

Fadel Prayoga, Jurnalis · Minggu 25 Oktober 2020 16:13 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 25 320 2299231 libur-panjang-akhir-oktober-antisipasi-lonjakan-penumpang-kapal-laut-cTSFEXIRzk.jpg ASDP Persiapkan Layanan Penumpang Jelang Libur Panjang. (Foto: Okezone.com/ASDP)

JAKARTA - PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) mempersiapkan layanan penyeberangan untuk mengantisipasi lonjakan penumpang dalam masa libur panjang peringatan Maulud Nabi Muhammad SAW. Di tengah masa adaptasi kebiasaan baru Covid-19, perseroan ingin memastikan layanan penyeberangan berjalan aman, lancar, nyaman, tertib dan selamat dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Direktur Utama ASDP Ira Puspadewi mengatakan, pihaknya memastikan pelayanan dan fasilitas baik di pelabuhan maupun kapal penyeberangan dalam kondisi baik dan siap beroperasi demi meningkatkan experience pengguna jasa mulai dari sisi pelayanan e-ticketing, pelayanan di pelabuhan, hingga di kapal.

Baca Juga: Mau Liburan Naik Kapal Laut, Simak Caranya di Sini

"Peringatan Mauldd Nabi Muhammad SAW tahun ini pada Kamis (29/10/2020) bertepatan hari libur yang cukup panjang seiring penetapan cuti bersama. Pada periode tersebut, kami perkirakan pergerakan kendaraan pribadi yang menyeberang di Merak-Bakauheni maupun Ketapang-Gilimanuk akan meningkat dibandingkan hari normal," ujarnya, dalam keterangan tertulisnya, Minggu (25/10/2020).

ASP memperkirakan puncak arus berangkat terjadi pada Selasa (27/10/2020) dan Rabu (28/10/2020) dan puncak arus balik pada Sabtu (31/10/2020) dan Minggu (1/11/2020).

Baca Juga: Rayakan HUT ke-75 RI, 35.454 Penumpang Menyeberang dari Jawa ke Sumatera

Kendati demikian, selama periode layanan angkutan libur panjang peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW tahun ini, diperkirakan tetap mengalami penurunan sekitar 20-25% seiring dengan berkurangnya aktivitas dan mobilitas masyarakat di tengah pandemi Covid-19.

Tentunya, ASDP secara konsisten dan berkelanjutan memberikan pelayanan prima dengan tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat di pelabuhan dan kapal mulai dari disinfeksi kapal, imbauan menjaga jarak, serta mengingatkan pengguna jasa dan petugas untuk selalu menggunakan masker dan mencuci tangan. Di samping peran petugas di lapangan, imbauan protokol kesehatan ini kami sampaikan secara berkala melalui pengeras suara di pelabuhan dan kapal.

Dipastikan, semua fasilitas terkait pencegahan dan penanganan Covid 19 tetap tersedia dan dapat dipergunakan seperti mulai dari wastafel cuci tangan, spot hand sanitizer, markah physical distancing di jalur serta di kursi-kursi penumpang. Hingga saat ini, ASDP juga masih mematuhi aturan pemuatan penumpang dan kendaraan dari jumlah maksimal kapasitas kapal sebanyak 50%.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini