Sudah Ada 7 Bank Gagal, LPS: Belum Membahayakan

Giri Hartomo, Jurnalis · Selasa 27 Oktober 2020 19:26 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 27 320 2300492 sudah-ada-7-bank-gagal-lps-belum-membahayakan-jQNlkPevXE.jpg LPS Tangani Bank Gagal. (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA - Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) menyebut ada beberapa bank gagal yang sedang ditangani. Meskipun begitu, kegagalan ini masih belum tahap membahayakan stabilitas keuangan.

Ketua Dewan Komisioner LPS Purbaya Yudi Sadewa mengatakan, hingga saat ini bank yang gagal masih dalam tahap aman yakni enam sampai tujuh saja. Lagi pula, bank-bank tersebut merupakan bank kecil dan Bank Perkreditan Rakyat (BPR).

Baca Juga: LPS Tidak Jamin Saldo pada Uang Elektronik

Purbaya pun memastikan bahwa masih pada level aman. LPS terus mewaspadai risiko perbankan gagal, juga mempersiapkan diri sewaktu-waktu ada bank gagal lagi.

"Ini belum pada level yang membahayakan karena setiap tahun kami menerima enam sampai tujuh bank BPR yang harus kami tangani jadi dari situ walaupun ada yang gagal tapi ini masih dalam batas normal," ujarnya dalam Konferensi Pers Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) secara virtual, Selasa (27/10/2020).

Baca Juga: Agustus, Penggunaan Uang Elektronik Melonjak hingga 33,8%

Purbaya menambahkan, saat ini tren atau kondisi sistem finansial masih belum berubah dari tahun lalu. Karena ada beberapa risiko namun sifatnya masih belum membahayakan.

Misalnya saja dari sisi Dana Pihak Ketiga (DPK) di perbankan yang sudah mulai membaik. Tak terkecuali juga pada bank-bank kecil yang memiliki modal inti kurang dari Rp1 triliun.

 "Boleh saya tekankan di sini trenya belum berubah dari tahun lalu. Jadi tekanan di sistem finansial meningkat tapi belum ke level yang terlalu membahayakan atau tidak dapat dikendalikan," kata Purbaya.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini