Ada Gardu Meledak, Ini Penjelasan Lengkap PLN soal Blackout di Jakarta

Suparjo Ramalan, Jurnalis · Minggu 01 November 2020 17:40 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 01 320 2302366 ada-gardu-meledak-ini-penjelasan-lengkap-pln-soal-blackout-di-jakarta-WUcBDpbJWJ.jpg Listrik (Shutterstock)

JAKARTA - PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) mencatat pemadaman listrik disebabkan adanya 42 gardu induk mengalami pemadaman dengan beban kurang lebih 200 Megawatt yang ada di sebagian Jakarta di bagian Timur dan daerah Bekasi.

Direktur Bisnis Regional Jawa, Bali, Madura PLN Haryanto WS mengatakan, pada pukul 12.58 WIB terjadi gangguan yang disebabkan adanya pemutusan beban, 500 kV di Muara Tawar akibat break down atau meledak. Dengan adanya gangguan ini maka suplai listrik dari arah Jawa Barat Bagian Tengah ke arah sebagian Jakarta terputus.

Baca juga: Sistem Kelistrikan Jakarta Kembali Normal, Tak Ada Lagi Pemadaman

"Kemudian sistem mengisolasi diri, yang sehat tetap tetap sehat, kemudian jalur setelah Muara Tawar yang mengalami gangguan tadi itu melakukan isolasi diri agar semua sistem tidak padam, sehingga yang terjadi pada saat itu adalah 42 gardu induk mengalami pemadaman dengan beban kurang lebih 200 Megawatt yang ada di sebagian Jakarta di bagian Timur dan daerah Bekasi," ujar Haryanto dalam konferensi pers secara virtual, Jakarta, Minggu (1/11/2020).

Investigasi sementara, penyebab gangguan yakni terdapat kerusakan peralatan di GITET Muara Tawar. Namun sudah dilakukan perbaikan.

Petugas PLN berhasil menormalkan secara bertahap mulai pukul 13:22 WIB. Sementara itu, pada pukul 14:13 WIB seluruh GI sudah dalam keadaan bertegangan semua.

Baca juga: Listrik Padam di Wilayah Jabodetabek, Erick Thohir Turun Tangan

Di sisi pelanggan, mulai pukul 13:09 WIB pelanggan sudah menyala dan berangsur-angsur hingga pukul 15:29 wib seluruh pelanggan di Jakarta sudah menyala semua. Sedangkan untuk pelanggan di Bekasi pada 15:47 WIB sudah menyala semuanya.

“PLN memastikan tidak ada pemadaman bergilir akibat kejadian tersebut. Karena PLN berhasil melakukan penormalan penyaluran dari SUTET hingga ke pelanggan,” ujarnya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini