Kena PHK Ingin Buka Bisnis? Perhatikan Hal Ini

Fadel Prayoga, Jurnalis · Selasa 03 November 2020 10:39 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 03 455 2303239 kena-phk-ingin-buka-bisnis-perhatikan-hal-ini-oYOsfw7rA5.jpg Tips Memulai Bisnis (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Jutaan pekerja di Indonesia terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) selama masa pandemi Covid-19. Hal tersebut karena keuangan perusahaan sudah tak lagi sanggup membiayai beban gaji pegawai.

Terkena PHK bukan berarti kiamat bagi seseorang untuk mendapatkan pemasukan. Sebab, masih ada banyak jalan dalam memperoleh pendapatan bulanan. Salah satunya dengan membuka bisnis atau usaha.

Baca Juga: Mau Jadi Reseller Sukses? Perhatikan Hal-Hal Berikut Ini

Perencana Keuangan dari Advisors Alliance Group Andy Nugroho memberikan tips-tips agar Anda yang terkena PHK bisa sukses menjalani bisnisnya. Pertama, adalah menjual barang yang kini sedang diminati masyarakat seperti frozen food dan produk kesehatan.

"Karena dengan menjual barang yang banyak peminatnya tentu akan memudahkan kita dalam menjalankan bisnis kita," kata Andy kepada Okezone, Selasa (3/11/2020).

Baca Juga: Bisnis Terdampak Covid-19, Bagaimana Cara Bikin Laporan Keuangan yang Menarik?

Selanjutnya, sudah tentu dalam membuka usaha itu membutuhkan sebuah modal. Namun, tetap dalam membuka usaha baru harus mempersiapkan cadangan uang yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

"Sebagai awalan, gunakan maksimal 30% dari dana yang dimiliki sebagai modal awal. Keuntungan dari modal tersebut yang kita sisihkan untuk menambah modal dan memperbesar usaha kita," ujarnya.

Dia menambahkan, yang terpenting dalam menjalani bisnis adalah memasarkan produk yang baik. Kini, pemasaran yang efektif, yakni memanfaatkan media sosial.

"Optimalisasi juga penggunaan handphone untuk memasarkan produk kita via sosmed ataupun messanger agar semakin banyak orang yang mengetahui produk yang dijual," kata dia.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini