Sempat Molor, Menko Luhut Targetkan Vaksinasi Covid-19 di Desember

Fadel Prayoga, Jurnalis · Sabtu 07 November 2020 16:09 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 07 320 2305773 sempat-molor-menko-luhut-targetkan-vaksinasi-covid-19-di-desember-OTbjg1ya8j.jpg Uji Coba Vaksin Virus Corona. (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA - Pemerintah melalui PT Bio Farma merampungkan proses uji klinis fase ketiga vaksin Covid-19 di Bandung, Jawa Barat. Pengembangan vaksin itu merupakan bentuk kerjasama dengan Sinovac Ltd asal China.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, program vaksinasi terpaksa molor dari jadwal sebelumnya, yaitu November. Ini karena untuk bisa melakukan vaksinasi, Pemerintah Indonesia juga akan menggunakan persetujuan penggunaan darurat (Emergency Use Authorization/ EUA) dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Baca Juga: Menristek Ingin Obat Herbal Dipopulerkan di Indonesia

"Tadi Presiden (Jokowi), telepon saya, soal vaksin sudah dapat. Rencananya yang minggu ke dua November bisa saja tak tercapai, namun bukan barangnya tidak siap. Tapi emergency use authorization belum bisa dikeluarkan BPOM," kata Luhut dalam acara di Lemhanas disiarkan di YouTube, beberapa waktu lalu, Sabtu (7/11/2020).

Dia menargetkan, proses vaksinasi itu akan mulai dilakukan di Indonesia pada pekan ketiga Desember 2020.

"Kami akan melakukan vaksinasi di minggu ketiga Desember," ujarnya.

Dia menjelaskan, vaksinasi perdana akan difokuskan kepada 9 juta orang di wilayah yang berkontribusi besar dalam menyumbang kasus Covid-19.

"Di Jakarta, misalnya, ada sejumlah area yang kami percaya berkontribusi besar pada kasus Covid-19 dan berikan mereka suntikan," ujarnya.

Baca Juga: Airlangga Harap Hasil Uji Coba Vaksin Covid-19 Keluar Bulan Depan

Dia mengaku, dalam jangka pendek, pemerintah menargetkan bisa membuat wilayah Bali menjadi zona hijau pada awal 2021.

"Kami ingin lihat Bali jadi zona hijau, itu target kami, Bali jadi zona hijau harapannya pada awal tahun depan karena kita akan mulai vaksinasi mulai minggu ketiga Desember," katanya.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini