Menkop: UMKM Jadi Dinamisator Ekonomi di Tengah Krisis

Giri Hartomo, Jurnalis · Rabu 11 November 2020 19:57 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 11 320 2308120 menkop-umkm-jadi-dinamisator-ekonomi-di-tengah-krisis-b1h172uXzO.jpg UMKM (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Pemerintah terus mendorong pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) untuk menjalankan bisnisnya. Apalagi di tengah pandemi ini, di mana para pelaku UMKM menjadi salah satu sektor yang paling terdampak pandemi.

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengatakan, para pelaku UMKM ini bisa menjadi salah satu instrumen penting untuk menggairahkan kembali ekonomi. Karena berdasarkan beberapa pengalaman, para pelaku UMKM menjadi salah satu sektor penggerak ekonomi di saat krisis.

Baca Juga: Menko Airlangga Pede Ekonomi Bisa Positif Tahun Ini

"Karena UMKM di tengah krisis begini selalu menjadi dinamisator menggerakkan ekonomi," ujarnya dalam diskusi virtual, Rabu (11/11/2020).

Menurut Teten, memang saat ini daya beli masih sangat rendah. Namun jika masyarakat rajin mengkonsumsi produk-produk lokal, dirinya meyakini UMKM masih bisa menggerakkan ekonomi.

"Apalagi kalau kita dorong sekarang masyarakat mengkonsumsi produk-produk lokal, buatan indonesia saya kira dengan daya beli yang terbatas masih bisa menggerakkan ekonomi," ucapnya

Apalagi, lanjut Teten, Indonesia menjadi salah satu pasar yang terbesar di dunia. Wajar, mengingat Indonesia menjadi salah satu negara dengan penduduk terbesar di dunia.

Selain itu, pemerintah juga terus mendorong ekspor produk-produk UMKM. Sehingga baik konsumsi dalam negeri dan juga ekspor bisa berjalan dengan beriringan secara maksimal bagi perekonomian Indonesia.

"Market kita besar loh hampir 300 juta. Saya kira selain kita ambisi untuk mendorong produk-produk UMKM bagian dari rantai pasok global sehingga ekspor kita meningkat, tapi di dalam negeri pun tetap pasar kita cukup besar," ucapnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini