Begini Cara agar Hidup Bebas dari Utang

Fadel Prayoga, Jurnalis · Selasa 17 November 2020 15:26 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 17 622 2311051 begini-cara-agar-hidup-bebas-dari-utang-LmGVpEKP4b.jpg Tips Mengatur Keuangan Supaya Terhindar dari Utang. (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA - Sebaik apapun merencanakan keuangan, pasti pernah memiliki utang untuk menutupi berbagai kebutuhan yang mendesak. Namun, ada langkah agar dalam hidup terbebas dari jeratan utang.

Perencana Keuangan dari Advisors Alliance Group Andy Nugroho mengimbau, masyarakat bisa menyesuaikan gaya hidup dengan penghasilan yang diterima per bulannya. Sehingga, tak lagi membutuhkan dana segar yang digunakan untuk memenuhi gaya hidup Anda yang ketinggian.

Baca Juga: Butuh Duit, Jual Aset atau Ngutang ke Pinjol?

"Sesuaikan gaya hidup kita dengan penghasilan yang kita miliki," kata Andy kepada Okezone, Selasa (17/11/2020).

Menurut dia, bila ingin mengikuti gaya hidup kalangan menengah ke atas, maka sebaiknya segera mencari pemasukan sampingan.

Baca Juga: BLT Cair Lagi, Jangan Lupa Bayar Cicilan Pinjaman Online

"Bila ingin memiliki gaya hidup yang lebih tinggi, lakukan dengan cara mendapatkan penghasilan yang lebih tinggi lagi, bukan dengan cara berhutang," ujarnya.

Dia menyebut sebagian orang kini lebih memilih berutang demi memenuhi gaya hidup. Padahal, itu merupakan suatu keputusan yang salah dalam merencanakan bujeting keuangan yang baik.

"Kebanyakan kita saat ini berutang karena ingin meningkatkan gaya hidup kita namun penghasilan kita belum memadai. Selain itu juga berdisiplin membeli barang-barang yang lebih merupakan kebutuhan dan bukan sekadar keinginan," ujarnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini