Baru 15% Masyarakat Nikmati Pemanfaatan Hutan untuk Usaha

Giri Hartomo, Jurnalis · Rabu 18 November 2020 17:22 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 18 320 2311841 baru-15-masyarakat-nikmati-pemanfaatan-hutan-untuk-usaha-oQxVow5fJr.jpg Hutan (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Pemerintah terus mendorong program sertifikasi perhutanan sosial kepada masyarakat. Hingga saat ini, sudah 4,2 juta hektare lahan perhutanan sosial yang diberikan kepada masyarakat.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar mengatakan, program yang sudah berjalan sejak 2015 ini sudah mulai terlihat manfaatnya. Karena kini, izin berusaha yang diberikan untuk pengelolaan hutan kepada masyarakat ini mengalami peningkatan.

Baca Juga: RI Perlu Restorasi Ekosistem demi Pulihkan Hutan, Ini Alasannya

"Sudah 4,2 juta ha perhutanan sosial yang diserahkan kepada masyarakat. Ini mengimbangi pemanfaatan lahan yang dimanfaatkan dunia usaha," ujarnya dalam acara Jakarta Food Security Summit Virtual, Rabu (18/11/2020).

Menurut Siti, pada awal 2015, perizinan pemanfaatan hutan untuk berusaha dikuasai oleh perusahaan atau korporasi. Adapun perbandingan angkanya adalah 96% dikuasai oleh perusahaan sedangkan sisanya oleh masyarakat.

Sementara sejak adanya program sertifikasi perhutanan sosial ini, mulai ada sedikit kenaikan. Karena hingga saat ini, jumlah perizinan pemanfaatan kawasan hutan untuk berusaha yang diberikan kepada masyarakat sudah mencapai 15-17%.

"Awal 2015 itu kira-kira perizinannya 96% korporat dan 4% buat masyarakat. Kalau sekarang angkanya sudah 15%-17% buat masyarakat dan sisanya 87% buat korporat. Ini sudah semakin membaik," jelasnya.

Menurut Siti, program sertifikasi kehutanan sosial ini bukti keberpihakan pemerintah kepada masyarakat. Namun di sisi lain, dunia usaha pun tidak merasa dipersulit dengan adanya kebijakan ini.

"Kita berpihak kepada masyarakat, tapi tidak menyulitkan dunia usaha. Jadi semua dalam simpul negosiasi kepentingan ini kita artikulasikan," jelasnya.

Oleh karena itu, ke depannya pemerintah akan terus mendorong target 12,7 juta perhutanan sosial. Meskipun untuk mencapai target tersebut akan dicicil dalam beberapa tahun.

"Jadi kalau perhutanan sosial ini bisa selesai maka perbandingan perizinan untuk swasta dan masyarakat ini kira-kira 67% dan 33%. Ini jadi lebih ideal," jelasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini