Demi Kelancaran Vaksinasi Covid-19, Wapres: Perlu Siapkan Data-Data

Giri Hartomo, Jurnalis · Jum'at 20 November 2020 07:50 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 20 320 2312787 demi-kelancaran-vaksinasi-covid-19-wapres-perlu-siapkan-data-data-rPbc3JNdp6.jpg Wapres Ma'ruf Amin (Okezone)

JAKARTA - Pemerintah akan segera melakukan vaksinasi covid-19 kepada seluruh masyarakat Indonesia. Rencanannya, vaksinasi akan dilakukan selambat-lambatnya pada tahun 2021 mendatang.

Wakil Presiden Ma’ruf Amin mengatakan, simulasi sangat penting untuk memastikan kesuksesan dari vaksin covid-19. Sebab, langkah ini dilakukan sebagai upaya agar proses vaksinasi Covid-19 kepada seluruh penduduk Indonesia dapat berjalan dengan lancar.

 Baca juga: BPOM: Kualitas Vaksin Sinovac Dijamin Baik

"Jadi ada beberapa persiapan yang harus disiapkan, supaya nanti vaksinasinya itu berjalan dengan baik,” ujarnya melalui keterangan tertulis, Jumat (20/11/2020).

 Infografis Vaksin Covid-19

Menurut Ma’ruf simulasi meliputi beberapa aspek. Dari mulai simulasi untuk pendataan hingga sampai ke tahap pendistribusian harus dipersiapkan dengan matang.

 Baca juga: Soal Mahalnya Harga Vaksin Covid-19 di RI, Bio Farma: Di Sini Ada yang Gratis

“Termasuk menyiapkan data-data, nama-nama yang akan divaksin di seluruh Indonesia, kemudian juga tahapan-tahapannya, kemudian juga bagaimana nanti pendistribusian vaksinnya," ucapnya.

Lebih jauh, Wapres menjelaskan bahwa selain simulasi vaksinasi di berbagai daerah, pemerintah juga menyediakan pelatihan-pelatihan untuk semua petugas vaksin.

"Bahkan juga sudah direncanakan bagaimana limbah vaksin Covid-19 yang banyak itu harus ditangani," kata Ma’ruf.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini