Pelabuhan Patimban Dibangun, Industri Otomotif Merapat ke Subang

Giri Hartomo, Jurnalis · Jum'at 20 November 2020 11:15 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 20 320 2312909 pelabuhan-patimban-dibangun-industri-otomotif-merapat-ke-subang-0YqNPAJ7uk.jpeg pelab

JAKARTA - Kawasan sekitar Pelabuhan Patimban akan menjadi target dari para pelaku industri. Sebab, pelabuhan ini juga bakal memiliki infrastruktur yang lengkap sebagai penunjang logistik.

Director Industrial & Logistics Services Colliers International Indonesia Rivan Munansa mengatakan, salah satu industri yang diprediksi akan masuk ke kawasan patimban adalah industri otomotif. Karena pelabuhan Patimban akan menjadi magnet bagi pelaku industri otomotif.

Baca Juga: Proyek Pelabuhan Patimban Dipercepat, Ternyata Investor Menanti-nanti

“Industri otomotif berpotensi beroperasi di Patimban, terutama di wilayah yang berdekatan dengan pelabuhan,” ujarnya kepada Okezone, Jumat (20/11/2020).

Ditambah lagi lanjut Rivan, adanya tren otomotif baru menuju penggunaan mobil listrik dapat menciptakan permintaan ruang industri untuk produk ini. Industri otomotif umumnya membutuhkan lahan yang luas, dan menjadi pemicu berdirinya perusahaan khusus produk turunan otomotif di daerah sekitarnya.

“Ketertarikan terhadap kawasan Subang dan sekitarnya juga mencerminkan pandangan positif terhadap pengembangan kawasan industri terkait dengan pengembangan Pelabuhan Patimban.Pertumbuhan fasilitas logistik, e-commerce, dan cold storage juga berpotensi mengisi kawasan industri tersebut.

Colliers menganggap bahwa meskipun lingkungan bisnis saat ini cenderung lesu, masih terdapat potensi pertumbuhan yang berkelanjutan pada industri-industri ini.Artinya lanjut Rivan, saat ini adalah waktu yang tepat bagi developer dan investor untuk bersiap.

“Tahap persiapan akan memakan waktu yang cukup lama, namun jika dimulai sekarang, pada saat kawasan industri terisi dan penghuni sudah mulai beroperasi, Pelabuhan Patimban juga sudah akan selesai dan beroperasi pada tingkat yang optimal,” ucapnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini