Bos BI Bilang Ekonomi Global Mulai Pulih, Ini Faktanya

Rina Anggraeni, Jurnalis · Jum'at 20 November 2020 13:35 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 20 320 2312993 bos-bi-bilang-ekonomi-global-mulai-pulih-ini-faktanya-yChsTOkzRs.jpg Grafik Ekonomi (Foto: Ilustrasi Shutterstock)

JAKARTA - Bank Indonesia (BI) menilai perbaikan ekonomi global berlanjut setelah pada triwulan III 2020 tumbuh lebih baik. Pertumbuhan ekonomi dunia pada triwulan III 2020 di banyak negara mulai membaik didorong oleh stimulus kebijakan dan peningkatan mobilitas.

Baca Juga: Mar'uf Amin Ramal Ekonomi RI 2021 Tumbuh 5%

Gubernur BI Perry Warjiyo mengatakan ekonomi China tumbuh positif, sedangkan perbaikan ekonomi Amerika Serikat (AS), kawasan Eropa, dan Jepang lebih tinggi dari prakiraan awal. Sejumlah indikator dini pada Oktober 2020 mengindikasikan berlanjutnya perbaikan ekonomi global.

"Hal ini tercermin dari meningkatnya mobilitas masyakarat, berlanjutnya ekspansi PMI manufaktur dan jasa di AS dan China, serta membaiknya keyakinan konsumen dan bisnis di AS dan kawasan Eropa," kata Perry di Jakarta, Jumat (20/11/2020).

Ke depan, perbaikan ekonomi global diperkirakan terus berlanjut didukung oleh meningkatnya mobilitas masyarakat dan berlanjutnya stimulus kebijakan.

"Perbaikan ekonomi global ini mendorong kenaikan volume perdagangan dunia dan harga komoditas yang lebih tinggi dari prakiraan sebelumnya," katanya.

Sementara itu, ketidakpastian pasar keuangan global menurun didorong oleh ekspektasi positif terhadap prospek perekonomian global dan meredanya ketidakpastian pemilu AS. Perkembangan ini kembali meningkatkan aliran modal ke negara berkembang dan mendorong penguatan mata uang berbagai negara, termasuk Indonesia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini