KTT G20 Cari Cara Pulihkan Ekonomi dari Covid-19

Michelle Natalia, Jurnalis · Senin 23 November 2020 08:54 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 23 320 2314205 ktt-g20-cari-cara-pulihkan-ekonomi-dari-covid-19-grKw0IG2lI.jpg KTT G20 (Foto: Okezone.com/G20)

RIYADH - Raja Arab Saudi ketujuh sekaligus Penjaga Dua Kota Suci, Salman bin Abdulaziz Al-Saud mengucapkan rasa terima kasihnya atas partisipasi aktif dari para negara anggota G20 selama G20 Riyadh Summit dua hari terakhir ini.

Arab Saudi, dalam pandangannya, mampu menegaskan kembali semangat kerja sama yang selalu menjadi landasan kesuksesan G20.

Baca Juga: G20 Sepakat Beri Dukungan Negara Berkembang Terdampak Covid-19

"Semangat ini lebih dibutuhkan saat ini untuk menghadapi dampak pandemi Covid-19, dan untuk membangun masa depan yang sejahtera bagi orang-orang di dunia," ujar Salman dalam penutupan G20 Riyadh Summit di Riyadh, Minggu malam (22/11/2020).

Dalam masa kepemimpinannya, G20 telah mencapai banyak hal tahun ini. Pihaknya memegang teguh komitmen untuk terus bekerja sama untuk menghadapi tantangan pandemi COVID-19 demi melindungi kehidupan dan mata pencaharian, serta melindungi kelompok yang paling rentan.

Baca Juga: Kapan Virus Corona Berakhir? Raja Salman: Ketika Semua Orang Aman

"Kami telah mengadopsi kebijakan penting yang akan mencapai pemulihan hingga ke ekonomi yang tangguh, berkelanjutan, inklusif, dan seimbang," tambah Salman.

Kebijakan tersebut, lanjut dia, juga akan menjaga momentum perdagangan global sistem bekerja untuk semua, dan menciptakan kondisi untuk mencapai pertumbuhan yang berkelanjutan.

 

"Yang terpenting, kami telah berhasil mengirimkan pesan harapan dan kepastian kepada warga kami dan semua orang di seluruh dunia melalui Final Communique dari Leaders' Summit ini. Dan merupakan kehormatan bagi saya untuk mengumumkan bahwa anggota G20 telah mengadopsi komunike ini. Inilah yang dunia harapkan dari kita," jelas Salman.

Prestasi hari ini, kata dia, adalah puncak dari upaya bersama G20 sepanjang tahun yang penuh tantangan ini. Tindakan bersama maupun individual dari masing-masing anggota akan sangat penting dalam mengatasi tantangan global yang sedang dihadapi.

"Ke depannya, melalui Pemberdayaan Manusia, Menjaga Planet, dan Membentuk Perbatasan Baru, kami akan bekerja untuk menyusun fondasi dasar demi mencapai tema utama Presidensi kami, yakni mewujudkan Peluang Abad ke-21 untuk Semua," tambah Salman.

Dia menyampaikan, adalah pertama kalinya Arab Saudi mendapat kehormatan memegang Presidensi G20, dan ternyata 2020 menjadi tahun yang sangat menantang.

"Namun demikian, dengan dukungan Anda semua, kami berhasil mengatasi tantangan ini bersama," pungkas Salman.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini