Pertanian Menghasilkan Duit Banyak, Milenial Tak Tertarik Jadi Petani?

Fadel Prayoga, Jurnalis · Senin 23 November 2020 18:13 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 23 320 2314715 pertanian-menghasilkan-duit-banyak-milenial-tak-tertarik-jadi-petani-M3x8DaUytF.jpg Indonesia Butuh Regenerasi Petani. (Foto: Okezone.com/Bulog)

JAKARTA – Bekerja sebagai petani ternyata masih kurang diminati para kalangan milenial di Indonesia. Berdasarkan data Kementerian Pertanian (Kementan), jumlah petani di Tanah Air mencapai 33 juta orang.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Kementan Dedi Nursyamsi menyebut, dari jumlah sebanyak itu, hanya 30% yang usianya di bawah 40 tahun atau generasi milenial. Oleh sebab itu, Indonesia membutuhkan sebuah regenerasi agar produk pertanian tetap ada yang menggarapnya.

Baca Juga: Erick Thohir: Food Estate Bisa Buka Pasar Baru

“Petani kita kurang lebih 33 juta orang. Tapi ternyata dari sebagian besar berumur tua. Kurang dari 30% umurnya 40 tahun ke bawah, artinya petani milenial,” kata Dedi saat menghadiri diskusi di Graha BNPB, Jakarta Timur, Senin (23/11/2020).

Baca Juga: Bicara Ketahanan Pangan, Erick Thohir Libatkan Petani

Menurut dia, sudah saatnya kaum milenial melirik sektor pertanian menjadi ladang mata pencahariannya. Sebab, bila pertanian, terus dikerjakan oleh kalangan usia menengah ke atas, maka 10 tahun ke depan mereka akan masuk ke dalam usia tidak produktif.

“Artinya saat ini, petani kita masih umur produktif, nanti 10 tahun yang akan datang petani kita umurnya tidak produktif. Oleh karena itu, kita harus lakukan regenerasi petani ke milenial,” ujarnya.

Dia menjelaskan, kurang minatnya kaum milenial tertarik menjadi petani karena mereka belum mengetahui kalau sektor pertanian itu bisa menghasilkan untung yang berlimpah.

“Sehingga, nanti pertanian menghasilkan duit. Kalau semua orang tahu pertanian mendatangkan duit, nanti semua datang dengan sendirinya. Jadi artinya, tunjukkan kalau pertanian dapat menghasilkan duit,” ujarnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini