Erick Thohir Bocorkan Siapa Saja yang Dapat Vaksin Covid-19 Gratis

Giri Hartomo, Jurnalis · Selasa 24 November 2020 17:11 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 24 320 2315367 erick-thohir-bocorkan-siapa-saja-yang-dapat-vaksin-covid-19-gratis-EpuCbx1Gan.jpg Vaksin Corona Bisa Mempercepat Pemulihan Ekonomi. (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA - Pemerintah memeprsiapkan diri untuk pendistribusian vaksin Covid-19 kepada masyarakat. Di mana saat ini vaksin yang akan didistribusikan masih dalam tahap uji klinis.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan, dalam pendistribusian vaksin nantinya akan ada beberapa golongan masyarakat yang mendapatkan secara gratis. Pertama, aparat keamanan seperti Tentara Nasional Indonesia (TNI)/ hingga anggota Kepolisian Republik Indonesia (Polri).

Baca Juga: Ditugasi Menkes, Ketua Satgas PEN Hubungi Semua Produsen Vaksin Covid-19

Selain itu, tenaga kesehatan juga mendapatkan vaksin covid-19 dengan cuma-cuma. Kemudian, masyarakat tidak mampu juga mendapatkan vaksin secara gratis.

"Pemerintah keluarkan 2 tipe vaksinasi, pertama vaksinasi bantuan pemerintah, salah satu tenaga kesehatan dan semua masyarakat yang sangat membutuhkan," ujarnya dalam acara diskusi virtual, Selasa (24/11/2020).

Baca Juga: Luhut Follow Up Vaksin Covid-19, Pfizer-Bio Farma Kerja Bareng

Nantinya, pemerintah mengklasifikasikan orang yang tidak mampu dengan melihat dari keanggotaan BPJS Kesehatan sebagai penerima bantuan iuran (PBI).

"Semua masyarakat memang sangat dibutuhkan sesuai data BPJS kesehatan PBI bantuan iuran yang telah dibayarkan selama ini," ucapnya

Sementara itu, bagi masyarakat yang mampu tetap akan mendapatkan vaksin namun dengan cara mandiri. Artinya, masyarakat yang masuk kategori mampu ini harus membayar sejumlah uang untuk bisa diberikan vaksin covid-19.

"Sehingga memang bisa berbayar sendiri dan ini merupakan kontribusi tidak kalah penting sebab jumlah penduduk Indonesia besar kelompok masyarakat memiliki kemampuan lebih. Sudah Seyogyanya bisa bantu pemerintah juga dengan bayar vaksin sendiri," jelasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini