4 Fakta Menarik Bisnis Kuliner Anak Presiden Dapat Dana Segar Rp28 Miliar

Kurniasih Miftakhul Jannah, Jurnalis · Selasa 24 November 2020 12:20 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 24 455 2315099 4-fakta-menarik-bisnis-kuliner-anak-presiden-dapat-dana-segar-rp28-miliar-MDE0RYLYL4.jpg Bisnis Kuliner Gibran dan Kaesang (Foto: Okezone)

JAKARTA Bisnis kuliner Mangkokku milik dua putra Presiden Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming Raka dan Kaesang Pangarep mendapat pendanaan sebesar USD2 juta atau sekitar Rp28 miliar. Dana tersebut merupakan investasi perusahaan modal ventura Alpha JWC Ventures.

Tak hanya berdua, Gibran menggandeng juri Master Chef Indonesia Arnold Poernomo serta pengusaha Randy Kartadinata dalam menjalankan Mangkokku.

Berikut adalah fakta mengenai suntikan dana dari Alpha JWC Ventures ke bisnis Gibran yang dirangkum Okezone, Selasa (24/11/2020).

Baca Juga: Bisnis Startup Kuliner Gibran Dapat Suntikan Modal Rp28 Miliar

1. Dana Segar Rp28 Miliar

Kesuksesan yang diraih Mangkok Ku mendorong Alpha JWC Ventures menggelontorkan dana kepada restoran milik Gibran Rakabuming tersebut.

"Kami melihat bahwa industri food and beverages terus menjadi sektor yang menarik yang dapat memanfaatkan teknologi pemberdayaan dan investasi modal ventura," ujar perwakilan Alpha JWC Ventures, Eko Kurniadi dalam keterangan tertulis, Senin (23/11/2020).

 

2. Hadiah untuk Kaesang

Gibran mengatakan, dana investasi ini merupakan hadiah untuk Kaesang, sebelum dia melimpahkan semua tanggung jawab kepada Kaesang.

Gibran mengaku saat ini merupakan hari-hari terakhir dirinya sebelum 100% terjun ke dunia politik. Dia menyebut kucuran pendanaan yang diberikan ventura Alpha JWC Ventures merupakan hadiah untuk Kaesang dan partner bisnisnya.

3. Bisnis Meroket

Calon Wali Kota Solo ini berharap Mangkokku yang mengkhususkan diri dalam sajian rice bowl bisa meroket tahun depan. Dia mengakui, kerja sama bersama rekan sedikit memberi kelonggaran sehingga bisa fokus ke politik.

Gibran mengatakan, Kaesang memegang operasional Mangkokku. "Kalau saya pengawasan saja, kontrol dari jauh," ucap Suami Selvi Ananda ini.

4. Bisnis Kuliner di Tengah Pandemi

Dia mengatakan, bisnisnya di tengah pandemi Covid-19 justru menambah cabang banyak dan dapat investasi. Menurutnya pandemi Covid-19 jangan dilihat dari jeleknya saja. Namun sebuah kesempatan untuk berinovasi dan beradaptasi. Tips yang bisa dilakukan antara lain menerapkan cloud kitchen, menggerakkan e-commmerce, menggerakkan marketplace.

"Semuanya kita genjot, meskipun makan di tempat dilarang karena PSBB, kita bisa menggenjot di sisi delivery-nya. Jangan dilihat sebagai sebuah hambatan, kita lihat sebuah peluang," ujarnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini