Bisnis Startup Kuliner Gibran Dapat Suntikan Modal Rp28 Miliar

Fadel Prayoga, Jurnalis · Senin 23 November 2020 20:31 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 23 455 2314783 bisnis-startup-kuliner-gibran-dapat-suntikan-modal-rp28-miliar-d9zkx3vEbn.jpg Rupiah (Shutterstock)

JAKARTA - Kesuksesan yang diraih Mangkok Ku mendorong Alpha JWC Ventures menggelontorkan dana kepada restoran milik Gibran Rakabuming tersebut. Tak tanggung-tanggung, dana yang disuntikan senilai USD2 juta atau Rp28 miliar (mengacu kurs Rp14.146 per USD).

"Kami melihat bahwa industri food and beverages terus menjadi sektor yang menarik yang dapat memanfaatkan teknologi pemberdayaan dan investasi modal ventura," ujar perwakilan Alpha JWC Ventures, Eko Kurniadi dalam keterangan tertulis, Senin (23/11/2020).

 Baca juga: Jadi Petani Milenial, Ini Keuntungan dan Tantangannya

Sebagai informasi, Alpha JWC Ventures didirikan pada tahun 2015 oleh Jefrey Joe, Will Ongkowidjaja, dan Chandra Tjan - itulah yang dinamai JWC. Dana debutnya sebesar USD 50 juta diluncurkan pada tahun 2016 sebagai dana modal ventura tahap awal independen dan institusional pertama di Indonesia.

Sejak saat itu, dana tersebut telah diinvestasikan di 23 perusahaan di Asia Tenggara, sebagian besar di Indonesia, yang lebih dari 90 persen di antaranya telah mendapatkan pendanaan lanjutan.

 Baca juga: Budidaya Serai di Rumah, Begini Caranya

Dana kedua perusahaan ditutup pada 2019, kelebihan permintaan, dengan jumlah total USD 123 juta dan dukungan dari mitra terbatas dari Asia, Amerika Serikat, dan Eropa.

"Perusahaan saat ini mengelola dana tahap awal terbesar di kawasan ini dan memiliki tim modal ventura terbesar di Indonesia, yang memungkinkan kami memberikan dukungan langsung dan berkelanjutan kepada perusahaan portofolio kami," ujarnya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini