KPPU Bakal Pelototi Harga Bawang Putih, Ada Apa Lagi Sih?

Giri Hartomo, Jurnalis · Selasa 01 Desember 2020 14:33 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 01 320 2319519 kppu-bakal-pelototi-harga-bawang-putih-ada-apa-lagi-sih-3yM7mydHRi.jpg Bawang Putih (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) mengaku bakal terus melakukan pengawasan pada beberapa usaha di tahun depan. Setidaknya ada dua fokus pengawasan yang akan dilakukan pada tahun depan.

Komisioner Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) Guntur Saragih mengatakan, salah satu yang akan fokus pengawasan pada tahun depan selain benur lobster yakni yang terkait pangan secara khusus bawang putih. Apalagi, masalah pangan ini menjadi salah satu hal klasik yang memiliki dampak langsung kepada masyarakat.

Baca Juga: 10 Manfaat Bawang Putih, Turunkan Kolesterol hingga Sehatkan Tulang

“Tentu semua usaha ya, namun pastinya saja usaha yang memiliki dampak terhadap persaingan itu yang menjadi utama, yang menjadi masalah klasik adalah pangan,” ujarnya saat ditemui di Hotel Aloft, Jakarta, Selasa (1/12/2020).

 

Menurut Guntur, sudah beberapa kali pihaknya telah memberikan sanksi kepada para pelaku usaha bawang putih. Mengingat, dalam beberapa tahun terakhir harga bawang putih selalu menjadi masalah karena harganya yang terlalu mahal.

“Ini sudah kesekian tahunya KPPU pernah memberikan sanksi terhadap pelaku usaha bawang putih dan dalam sekian tahun kembali agar masyarakat yang harus menanggung harga yang mahal dari bawang putih,” jelasnya.

Padahal menurut Guntur, tidak ada perusahaan produsen dalam negeri yang menurutnya harus dilindungi dengan cara memberikan izin impor. Selain itu, tidak ada lonjakan konsumsi juga yang terjadi di masyarakat.

“Padahal kita ketahui tidak ada produsen dalam negeri yang harus dilindungi dalam konteks importasi bawang putih. Tidak ada permintaan yang melonjak, konsumsi bawang putih tidak seperti daging sapi. Tidak ada lonjakan,” jelasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini