4 Langkah Mudah Bersihkan Lantai Kayu

Alya Ramadhanti, Jurnalis · Kamis 03 Desember 2020 11:52 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 03 470 2320799 4-langkah-mudah-bersihkan-lantai-kayu-dagkRnZgyz.jpg Dek Kayu (Foto: The Spurce)

JAKARTA - Dek kayu banyak digunakan sebagai alas lantai di rumah-rumah. Biasanya dek kayu yang dipasang di luar rumah sebagai alas teras akan cepat kotor dan bekasnya sulit dihilangkan.

Jangan khawatir, ada alat khusus yang digunakan untuk membersihkan dek kayu, yaitu mesin penyemprot bertekanan tinggi. Alat ini memiliki kekuatan yang sangat besar, jika menggunakannya dengan power tinggi bisa menyebabkan permukaan dan serat dek kayu pecah. Oleh karena itu, pastikan memakainya dengan power yang sesuai.

Melansir dari The Spruce, Kamis (3/12/2020) berikut cara membersihkan lantai dek kayu menggunakan mesin pembersih:

Baca Juga: Menata Kamar Mandi Sesuai Feng Shui, Perhatikan Letaknya

1. Pilih Tip dan Pengaturan Tekanan

• Gunakan tekanan serendah mungkin supaya lebih efektif. Tekanan untuk kayu lunak (seperti cedar atau pinus) harus 500 sampai 600 pon per inci persegi (psi). Kayu yang lebih keras dapat dinaikkan tekanannya, tetapi tidak boleh lebih tinggi dari 1.200 psi.

• Gunakan ujung mesin penyemprot dengan penyebaran 40 hingga 60 derajat.

• Sebelum digunakan untuk seluruh area dek, uji tekanannya dan sesuaikan.

 

2. Sesuaikan Power Mesin Penyemprot

Mulailah dengan tekanan 500 hingga 600 psi dan uji pada yang bukan area utama. Tingkatkan tekanan secara bertahap sesuai kebutuhan dan bahan kayu. Bersihkan dek dengan gerakan menyapu, dan hindari gerakan memutar. Semprotkan mesin lebih dari sekali, supaya noda terkikis sampai ke bawah.

3. Tambahkan Larutan Pembersih (Opsional)

Jika kayu sangat kotor atau ditumbuhi jamur, tambahkan larutan pembersih dalam mesin penyemprot. Gunakan pembersih yang mengandung natrium hidroksida, karena larutan tersebut berguna untuk menghilangkan noda membandel dan jamur.

Bahan kimia dalam larutan pembersih dek beracun bagi tanaman. Pastikan tutup tanaman menggunakan plastik sebelum mengoperasikan mesin penyemprot.

4. Pengampelasan Setelah Pencucian

Saat kayu basah akibat disemprot air, seratnya bisa terangkat dan tekstur berubah menjadi kasar. Selain itu, produk larutan pembersih juga cenderung membuat serat kayu menjadi kasar, gunakan ampelas jika ingin tekstur kembali halus. Saat mengampelas, jangan gunakan amplas yang sangat halus, karena dapat menyumbat pori-pori kayu. Gunakan amplas tidak lebih halus dari 100 grit.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini