Share

Budidaya Singkong di Rumah, Makanan Murah Beragam Manfaat

Alya Ramadhanti, Okezone · Selasa 08 Desember 2020 13:38 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 08 455 2323783 budidaya-singkong-di-rumah-makanan-murah-beragam-manfaat-5KiwvEjTZb.jpg Singkong (Foto: Thedailymeal)

JAKARTA - Singkong, tanaman yang sering dijumpai di pedesaan. Cara mengola singkong juga beragam. Semua bagian tanaman singkong bisa diolah untuk berbagai menu, mulai daun hingga umbinya.

Daun singkong dapat dimasak sebagai sayuran sedangkan umbinya digoreng atau direbus sebagai kudapan keseharian. Biasanya singkong dijadikan beberapa kudapan kue tradisional yang menggoda lidah.

Baca Juga: Hilangkan Ketakutan, Tahun Depan Bisnis Mulai Jalan Lagi

Selain bisa dijadikan berbagai olahan makanan, singkong ternyata memiliki berbagai manfaat dan kandungan. Mengutip dari Instagram Kementerian Pertanian, Selasa (8/12/2020), berikut kandungan dan manfaat bagi kesehatan tubuh.

Kandungan kalori pada singkong lebih tinggi daripada umbi-umbian lainnya. Ubi 76 kalori, buah bit 44 kalori, dan singkong 154 kalori. Selain merupakan sumber karbohidrat yang tinggi, singkong memiliki berbagai nutrisi seperti serat, vitamin dan mineral. Energi 154 kkal, vitamin c 30 mg, protein 1,0 gram, zat besi 1,1 mg, lemak 0,3 gram, kalsium 77 mg, karbohidrat 36,8 gram, serat 0,9 gram.

Baca Juga: Bisnis Tanpa Modal dan Terus Berkembang, Simak 6 Faktanya di Sini

Manfaat singkong untuk kesehatan

Pertama, singkong dapat membantu menurunkan berat badan. Kalori yang tinggi terkandung pada singkong menjadikan kenyang lebih lama, degan begitu ngemil atau makan berlebih dapat berkurang.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut Bersama Lifebuoy dan MNC Peduli Tengah Berlangsung!

Kedua, mengatasi diare. Air rebusan singkong yang ditambahkan garam dapat membantu atasi dehidarsi penderita diare.

Ketiga, sebagai pencegah diabetes. Singkong merupakan salah satu bahan makanan yang tidak mengandung protein gula.Oleh karena itu dapat dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Keempat, menyehatkan sistem pencernaan. Kandungan sari pati resisten pada singkong sangat mudah dicerna tubuh. Pati resisten juga bisa meningkatkan kesehatan usus.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini