Coba Budidaya Jahe Merah, Tanaman Segudang Manfaat saat Covid-19

Reza Andrafirdaus, Jurnalis · Rabu 09 Desember 2020 05:23 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 08 455 2323905 coba-budidaya-jahe-merah-tanaman-segudang-manfaat-saat-covid-19-9VISQjjdZp.jpg Jahe Merah (Foto: Okezone)

JAKARTA – Menanam tanaman herbal sangat bermanfaat di kala pandemi Covid-19 ini. Apalagi hasil tanaman tersebut, seperti jahe merah dapat dikonsumsi untuk mencegah bakteri virus yang masuk ke dalam tubuh.

Jahe merah diyakini memiliki segudang manfaat untuk tubuh. Kandungan air, serat, karbohidrat, lemak, vitamin, dan mineral terdapat di dalamnya yang berguna untuk menjaga kesehatan. Bentuk dari jahe merah lebih kecil dan memiliki rasa pedas.

Baca Juga: Budidaya Singkong di Rumah, Makanan Murah Beragam Manfaat

“SobaTani, banyak orang mengonsumsi air rebusan jahe merah untuk menjaga kesehatan di masa pandemi. Ternyata, manfaat tanaman rempah ini segudang, lho,” tulis instagram @kementerianpertanian, Jakarta, Rabu (9/12/2020). 

Dalam jahe merah, terdapat juga beberapa senyawa, seperti shogaol, gingerol, minyak atsiri, dan lain-lain yang baik untuk kesehatan. Beberapa senyawa tersebut juga berguna untuk melancarkan sistem pencernaan tubuh.

Berikut ini beberapa manfaat yang didapat ketika mengonsumsi air rebusan jahe merah menurut Kementerian Pertanian. 

1. Meredakan batuk

2. Meredakan sakit kepala

3. Mengatasi rematik

4. Menurunkan kadar kolesterol 

5. Mengatasi peradangan

6. Sebagai antioksidan

7. Sebagai antibakteri

8. Mengatasi nyeri haid

9. Membantu menurunkan berat badan

10. Menghilangkan jerawat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini