Bukan Cuma Bersihkan Debu, Simak Manfaat Lain Vacuum Cleaner

Dian Ayu Anggraini, Jurnalis · Selasa 08 Desember 2020 14:34 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 08 470 2323844 bukan-cuma-bersihkan-debu-simak-manfaat-lain-vacuum-cleaner-pbAeyKvQHO.jpg Vacuum Cleaner. (Foto: Okezone.com/Thewirecutter)

JAKARTA – Vacuum cleaner atau alat penyedot debu sudah menjadi barang wajib yang ada di rumah, untuk membersihkan ruangan dari debu dan kotoran. Vacuum cleaner mempermudah pekerjaan, terutama bagi mereka yang tidak memiliki banyak waktu.

Namun, beberapa orang masih kurang tepat dalam menggunakan vacuum cleaner. Hal ini dapat menyebabkan performa vacuum cleaner menjadi berkurang atau tidak maksimal.

Dilansir dari Real Simple Jakarta, Selasa (8/12/20), home director Real Simple, Stephanie Sisco berbagi ilmu bagaimana cara yang tepat untuk menyedot debu. Metode ini dapat mengangkat kotoran dan debu dari karpet sebanyak mungkin.

Baca Juga: 6 Karya Seni Ubah Gulungan Tisu Toilet hingga Jadi Tempat Makan Burung

Beberapa tips efektif menyedot debu berikut ini, bukan hanya berguna untuk membersihkan dan menghilangkan bau di rumah ini, namun juga menemukan perhiasan yang jatuh hingga memperbaiki penyok pada karpet.

Menghilangkan Bau Karpet

Karpet cenderung menahan bau tak sedap. Untuk menyegarkannya kembali, sebelum melakukan vacuum, taburkan soda kue ke karpet.

Diamkan selama beberapa jam untuk menyerap baunya. Sebaiknya jauhkan dari anak-anak dan hewan peliharaan selama proses ini dilakukan. Kemudian, bersihkan soda kue dan lakukan vacuum.

Baca Juga: Cara Mendekor Ruangan dengan Desain Klasik

Temukan Perhiasan yang Jatuh

Sebagian orang mungkin pernah menjatuhkan anting-anting kecil saat bersiap-siap pergi di pagi hari. Akan menjadi sulit untuk menemukannya di lantai atau di atas karpet yang lembut. Untuk itu, coba lakukan trik berikut ini.

Ambil sepasang stoking lama dan letakkan stoking di atas penutup pipa penyedot debu, kemudian kencangkan dengan mengikatnya menggunakan karet gelang.Nyalakan penyedot debu dan jalankan di atas lantai.

Trik ini akan membantu menemukan perhiasan yang jatuh, sementara stocking mencegah perhiasan tersedot ke dalam mesin.

Menyegarkan Udara

Siapkan beberapa tetes minyak esensial di atas bola kapas, seperti lavender yang menenangkan atau lemon yang menyegarkan. Tempatkan bola kapas tersebut di dalam tabung penyedot debu. Saat mesin dinyalakan untuk membersihkan ruangan, maka akan mengeluarkan aroma yang menyegarkan udara.

Memperbaiki Penyok pada Karpet

Meletakkan sofa atau meja di atas karpet dalam waktu yang lama akan meninggalkan bekas atau penyok pada karpet. Untuk itu, coba lakukan trik berikut ini.

Letakkan satu atau dua buah es batu di bagian penyok pada karpet, lalu biarkan mencair sepenuhnya. Saat es mencair, air perlahan-lahan akan menghidupkan kembali serat-seratnya.

Tepuk-tepuk area tersebut hingga kering, lalu bersihkan noda tersebut, dan penyok akan hilang.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini