Share

Kabar Baik Nih, Bill Gates Sebut 6 Vaksin Covid-19 Tersedia di 2021

Giri Hartomo, Jurnalis · Rabu 09 Desember 2020 12:11 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 09 455 2324396 kabar-baik-nih-bill-gates-sebut-6-vaksin-covid-19-tersedia-di-2021-lbmB1TTQaL.jpeg Waspada Virus Corona. (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA - Bill Gates memperkirakan mungkin ada sebanyak setengah lusin vaksin Covid-19 yang disetujui dan siap didistribusikan pada musim semi 2021. Hal ini merupakan kemajuan medis untuk memerangi virus corona meningkat.

“Saya berharap kita akan memiliki sekitar enam vaksin yang disetujui pada kuartal pertama,” ujarnya dikutip dari CNBC, Rabu (8/12/2020).

Baca Juga: Aliansi Vaksin Masyarakat Peringatkan Negara Kaya Timbun Vaksin Covid-19

Selain vaksin Pfizer-BioNTech yang telah disetujui, Gates mengatakan kandidat dari Moderna, AstraZeneca, Johnson & Johnson dan Novavax juga kemungkinan besar akan diberikan otorisasi selama beberapa bulan mendatang. Meskipun dirinya tidak menyebutkan sumber vaksin keenam tersebut.

Namun pada pekan lalu, Inggris menjadi negara pertama yang memberikan persetujuan penggunaan darurat vaksin Pfizer-BioNTech, dengan peluncuran dijadwalkan akan dimulai Selasa. Administrasi Makanan dan Obat-obatan A.S. diatur untuk memberikan suara pada persetujuannya pada Kamis.

Baca Juga: Jangan Takut, Kenali Gejala Umum Usai Divaksin

Bill & Melinda Gates Foundation, telah lama mengadvokasi perkembangan kesehatan global termasuk vaksinasi dan memberi selamat kepada regulator di negara maju atas kemajuan mereka yang cepat.

“Regulator Barat melakukan pekerjaan dengan baik. Mereka telah menjalankan uji coba fase tiga ini dengan cara yang sangat profesional, mencari efek samping, melihat kemanjuran,” kata Bill.

Namun Gates mencatat bahwa masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan, termasuk oleh organisasi seperti miliknya sendiri, untuk memastikan vaksin didistribusikan secara adil ke semua negara. Terutama kepada negara yang kurang berkembang.

“Kami perlu memastikan bahwa kami (mendistribusikan) dengan cara yang adil, bukan seberapa kaya Anda yang menentukan apakah Anda mendapatkan akses ke vaksin ini,” kata Gates.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini