Apartemen Tipe Studio Bisa 10 Kali Lebih Besar, Begini Caranya

Dian Ayu Anggraini, Jurnalis · Kamis 10 Desember 2020 22:05 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 10 470 2325145 apartemen-tipe-studio-bisa-10-kali-lebih-besar-begini-caranya-HmXrNMDvHT.jpg Apartemen Studio. (Foto: Okezone.com/Insider)

JAKARTA – Tinggal di apartemen berukuran kecil, membuat pemilik harus pintar-pintar menata ruangan. Pasalnya, penataan barang yang salah akan membuat apartemen semakin sempit dan tidak nyaman untuk dihuni.

Apartemen studio memiliki harga paling murah dibandingkan dengan tipe-tipe lainnya. Ukurannya hanya sekitar 20 hingga 30 meter persegi.

Maka dari itu, penataan ruangan yang tepat akan sangat mempengaruhi kenyamanan bagi pemiliknya.

Baca Juga: Pandemi Covid-19 Menginspirasi Bangun Kota Jadi Lebih Sehat

Dilansir dari Real Simple Jakarta, Kamis (10/12/20), Lisa Jacobs, guru organisasi dan pendiri perusahaan gaya hidup Manhattan membagikan tips membuat apartemen kecil menjadi terasa 10 kali lebih besar.

1. Beri Tema pada Setiap Lemari

Lisa mengatakan, jika tidak memulai dari awal untuk menempatkan barang di tempat yang tepat, maka semua akan menjadi tidak teratur.

“Contoh sempurna dari ini ada di entry closet (lemari masuk). Karena orang tidak tahu cara mengatur ruang lain, (barang) berakhir di lemari masuk. Jadi (tidak ada ruang tersisa untuk) apa yang sebenarnya termasuk dalam lemari masuk," ujarnya.

Baca Juga: Bukan Cuma Bersihkan Debu, Simak Manfaat Lain Vacuum Cleaner

Alih-alih menambahkan lemari besar, Lisa menyarankan untuk memaksimalkan entry closet (lemari masuk) yang sudah ada dan menjaga semuanya tetap teratur. Gunakan plastik untuk menyimpan seprai ekstra, handuk, dan barang lain-lain. Segala sesuatu di lemari memiliki tempat khusus, yang membuatnya lebih mudah untuk diatur.

2. Berinvestasi di Aksesoris

Satu-satunya cara untuk menciptakan ilusi ruang yang lebih besar adalah melalui aksesoris. Aksesoris adalah penemuan terbaik dalam penataan. Misalnya, penggunakan aksesoris seperti rak sepatu akan menghemat lebih banyak ruang dibandingkan meletakan sepatu begitu saja di lantai.

3. Gunakan Laci Geser

Ketika berbicara tentang ruang di bawah wastafel kamar mandi, ada berbagai barang yang biasanya disimpan. Mulai dari, pengering rambut, sikat, perlengkapan mandi, dan kebutuhan lainnya.

Unit laci geser dapat menjadi solusi penataan barang. Laci ini memiliki dua kotak yang dapat ditarik keluar, sementara rak tetap di tempatnya. Ini mengoptimalkan ruang baik secara vertikal maupun horizontal, karena dapat dengan mudah mengakses barang-barang di bagian belakang kabinet.

4. Pilih Meja Multifungsi

Kunci ruangan terasa lebih luas adalah pemilihan furnitur yang multifungsi. Menggunakan coffee table dua tingkat dapat sangat berguna. Bagian bawah bisa untuk memajang buku dekoratif yang terlihat cantik. Hindari menyimpan terlalu banyak barang di atas meja.

5. Gunakan Lebih Sedikit Ruang untuk Barang

Orang-orang mungkin mengira yang membatasi adalah ruang. Padahal itu tidak benar, karena semakin banyak ruang yang dimiliki, maka semakin banyak pula yang harus ditata dengan benar.

Contohnya, memiliki sedikit rak untuk menyimpan makanan di dapur. Ini dapat membantu pemilik menyimpan hal-hal penting saja, alih-alih membeli banyak perlengkapan yang dapat berpotensi membuat rak berantakan.

6. Cermin Ditempatkan dengan Baik

Cermin sudah sering digunakan untuk memberi kesan ruangan yang lebih luas. Penempatan cermin yang tepat akan membuka ruangan.

Cermin memantulkan cahaya yang masuk dari jendela dan mencerahkan ruangan. Coba menggantungkan cermin setinggi badan di dinding menghadap ke ruangan, maka memberi kesan lapang.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini