Mau Bangun Rumah, Cari Tahu Dulu Cara Ngurus Izinnya

Alya Ramadhanti, Jurnalis · Jum'at 11 Desember 2020 15:47 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 11 470 2325906 mau-bangun-rumah-cari-tahu-dulu-cara-ngurus-izinnya-2HtJ8tWAJe.jpeg Foto Rumah: Ilustrasi Shutterstock

JAKARTA - Sebelum membangun rumah, ada beberapa hal yang harus di urus, salah satunya IMB. Izin Mendirikan Bangunan atau IMB adalah sebuah perizinan yang diberikan oleh pemerintah kepada pemilik bangunan untuk merawat bangunan sesuai dengan persyaratan administratif dan persyaratan teknis yang berlaku.

Baca Juga: Mau Membangun Rumah? Pahami Dulu 6 Istilah Bangunan

Mengurus proses pembuatan IMB bisa dilakukan di kantor BPN (Badan Pertanahan Nasional) terdekat. Jika sebuah bangunan tidak memiliki IMB, rumah atau bangunan tersebut bisa dirobohkan. Pemilik juga akan dikenakan denda dan sanksi yang berat.

Berikut jenis dan cara mengurus IMB yang telah dirangkum dari Okezone, Jumat (11/12/2020).

Baca Juga: Pikir-Pikir Dulu Sebelum Pilih Kontraktor, Cek Lisensinya

IMB bangunan baru, dibutuhkan waktu sekitar 2 minggu dan menghabiskan biaya kurang lebih Rp3,5 jutaan. Jika membeli rumah melalui KPR di bank, biasanya pihak bank yang akan mengurus pembuatan IMB-nya, sedangkan jika membeli rumah baru di perumahan, sang pengembang sudah mempunyai IMB khusus untuk komplek perumahan tersebut.

IMB renovasi, biasanya memerlukan biaya sekitar Rp3,5 jutaan untuk tanah yang tidak bermasalah. Jika tanahnya bermasalah akan dikenakan biaya tambahan sebesar Rp500 ribu sampai Rp1 juta. Contoh kasus tanah yang bermasalah, mengubah dua tanah kavling menjadi satu tanah kavling atau sebaliknya.

IMB bangunan lama, memerlukan biaya sekitar Rp2-3 jutaan tergantung persentase NJOP. Akan tetapi, bisa jadi ada denda dan dispensasi dari Pemda setempat. Dengan demikian biaya yang perlu disiapkan untuk membuat IMB bangunan lama berkisar antara Rp5-7 juta.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini