UU Ciptaker Bikin Pelaku UMKM Untung Banyak

Aditya Pratama, Jurnalis · Sabtu 12 Desember 2020 16:27 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 12 455 2326438 uu-ciptaker-bikin-pelaku-umkm-untung-banyak-7DCiNJRBlH.jpg UMKM (Foto: Okezone)

JAKARTA – Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki memastikan adanya Undang-Undang (UU) Cipta Kerja mempermudah pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Dengan UU tersebut, pelaku UMKM akan semakin mudah mengurus izin usaha.

"Di antara dampak positif UU Cipta Kerja bagi pelaku UMKM, yaitu mempermudah perizinan berusaha, mempermudah hadirnya UMKM dalam rantai pasok, memberikan pembiayaan mudah dan murah, memberikan prioritas terhadap UMKM serta akselerasi transformasi digital UMKM," ujar Teten dalam Webinar Shopee bertajuk Kerja Bareng untuk Negeri, Sabtu (12/12/2020).

Baca Juga: Pengusaha Kebingungan Lihat Perilaku Konsumen Selama Pandemi

Selain itu, mantan Kepala Staf Kepresidenan ini juga menyampaikan, dengan adanya UU Cipta Kerja diharapkan bisa memberikan dampak terhadap peningkatan rasio kewirausahaan.

"Juga meningkatkan serapan tenaga kerja hingga kualitas dan daya saing UMKM Indonesia," kata dia.

Pameran UMKM Bangga Buatan Indonesia 

Teten mengatakan, pandemi turut mengubah perilaku konsumsi masyarakat, dari yang sebelumnya membeli produk secara langsung, sekarang semua beralih menuju online. Sehingga, para UMKM harus bisa beradaptasi di tengah perubahan perilaku konsumsi masyarakat.

 

"Dengan adanya inisiatif program Kerja Bareng Untuk Negeri bersama dengan Shopee, pelaku UMKM diharapkan untuk dapat terus meningkatkan performa bisnis secara optimal dengan terus meningkatkan pengetahuan dan literasi digital, membangun model bisnis yang adaptif serta penguatan akses pasar yang kolaboratif," ucapnya.

Teten turut mengajak kepada seluruh pihak untuk bersinergi dan kerja bersama dalam mengembangkan UMKM di Indonesia. "Bagi rekan-rekan UMKM sebagai pahlawan ekonomi nasional silakan optimalkan ekosistem digital salah satunya platform e-commerce," tuturnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini