6 Langkah Bikin Kamar Mandi Kembali Kinclong

Dian Ayu Anggraini, Jurnalis · Selasa 15 Desember 2020 09:38 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 15 470 2327814 6-langkah-bikin-kamar-mandi-kembali-kinclong-bgtUgnM9NN.jpg Cara Bersihkan Kamar Mandi. (Foto: Okezone.com/DIY)

JAKARTA Kamar mandi yang bersih bukan hanya memberikan kenyamanan bagi pemiliknya, tapi juga mencegah dari berkembangnya bakteri dan kuman. Maka dari itu, kamar mandi harus dibersihkan secara rutin dan menyeluruh.

Membersihkan kamar mandi sering kali dianggap sebagai kegiatan yang menyulitkan. Perlu usaha lebih untuk membersihkan kerak pada shower hingga menggosok toilet. Meskipun begitu, membersihkan toilet harus rutin dilakukan demi kesehatan.

Dilansir dari Real Simple Jakarta, Selasa (15/12/2020), 6 tips berikut ini dapat dipertimbangkan sebagai panduan membersihkan kamar mandi. Prosesnya tidak serumit yang pikirkan untuk membuat setiap inci kamar mandi tampak bersih.

Baca Juga: Cara Renovasi Rumah yang Tak Bikin Kantong Bolong

1. Cara Membersihkan Shower, Bathtub, dan Pintu Kamar Mandi

Tuangkan cuka putih secukupnya ke dalam kantong plastik yang cukup untuk merendam nosel shower. Kemudian ikat dan biarkan semalaman. Angkat di pagi hari dan alirkan air.

Bathtub hanya perlu dibersihkan seminggu sekali. Tapi agar lebih berkilau, isi dengan air panas, lalu keringkan. Oleskan pembersih kamar mandi dan diamkan selama 15 menit sebelum menggosok.

Baca Juga: Apartemen Tipe Studio Bisa 10 Kali Lebih Besar, Begini Caranya

Untuk pintu kamar mandi, gunakan beberapa tetes cuka putih ke dalam secangkir soda kue, dan oleskan pada pintu. Diamkan selama satu jam, lalu gosok dengan kain mikrofiber. Bilas dan keringkan.

2. Cara Membersihkan Ubin, Dinding, dan Plafon

Semprot ubin, dinding, dan langit-langit dengan pembersih serbaguna. Nyalakan shower, putar air panas sampai uap terbentuk (sekitar lima menit). Matikan air, tutup pintu dan biarkan uap dan pembersih bercampur selama 20 menit. Kemudian bersihkan semua permukaan dengan kain bersih.

Bersihkan lantai ubin juga, tetapi pastikan setelah menyelesaikan sisa pekerjaan kotor. Karena, sabun bersama dengan kotoran dan sel kulit yang mengelupas, dapat meninggalkan bekas.

3. Cara Membersihkan Kloset

Mulailah dengan menuangkan secangkir soda kue. Biarkan selama beberapa menit kemudian sikat dan siram. Setelah itu, bersihkan sikat toilet dengan benar.

Selalu tutup penutup kloset ketika menyiram, dan gunakan kipas ventilasi untuk menyedot bakteri sebelum mengendap. Setelah toilet bersih berusahalah untuk menjaganya tetap seperti itu.

4. Cara Membersihkan Wastafel

Membersihkan wastafel bisa dilakukan dengan menuangkan cuka putih atau soda kue ke saluran pembuangan dan siram dengan air panas. Untuk keran, direkomendasikan menggunakan tisu desinfektan sekali pakai, yang secara signifikan mengurangi bakteri.

Gunakan serabut pembersih yang cocok untuk mengatasi ruang sempit dan kotor di sekitar wastafel.

5. Cuci Handuk Tangan dengan Benar

Untuk menjaga kamar mandi selalu bersih, cuci handuk dengan benar. Gantilah dengan handuk bersih setiap tiga hingga empat hari.

Karena handuk yang telah dipakai, menyerap kelembapan yang dapat menyebabkan timbulnya bakteri. Biasakan menggantung handuk basah di atas palang, dekat udara yang bersirkulasi.

Jangan lupa untuk membersihkan bar handuk. Sebab, itu juga mengumpulkan bakteri.

6. Bersihkan Kipas Ventilasi Kamar Mandi

Pertama, matikan kipas. Kemudian lepaskan penutupnya dan rendam dalam air hangat menggunakan sabun cuci piring.

Gunakan sambungan nosel penyedot debu untuk menghilangkan kotoran dari bilah kipas atau dengan kain lembab. Bersihkan debu dari mesin dan celah-celah dengan kuas cat yang bersih, kemudian sedot kotoran dengan penyedot debu. Jika sudah benar-benar kering, ganti penutupnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini