Begini Cara Mencegah Masalah Finansial yang Pancing Emosi

Alya Ramadhanti, Jurnalis · Selasa 15 Desember 2020 18:06 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 15 622 2328014 begini-cara-mencegah-masalah-finansial-yang-pancing-emosi-nSXrbB9iIn.jpg Tips Mengatur Keuangan (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Uang merupakan salah satu faktor atas kebahagiaan dan kecemasan seseorang.

Hal ini diungkap melalui penelitian yang menunjukkan kebahagiaan lebih banyak ditentukan oleh faktor-faktor yang dapat dikendalikan.

Baca Juga:  Kartu Debit vs Kartu Kredit, Lebih Untung Mana?

Terlebih di masa pandemi seperti saat ini. Dampak pandemi Covid-19, berjuta-juta orang kehilangan pekerjaan dan mengalami krisis ekonomi. Berpengaruh besar pada kestabilan emosional seseorang.

Melansir dari Business Insider, Selasa (15/12/2020) berikut strategi terbaik yang bisa dilakukan untuk membantu mengelola kondisi keuangan agar berpengaruh pada kestabilan emosional.

Baca Juga: Jangan Percaya! Ini 5 Mitos Kartu Kredit

Pertama, menyesuaikan pengelolaan uang. Buat anggaran keuangan, kelola pemasukan, pengeluaran, dan sisihkan untuk ditabung dan berinvestasi.

 

Kedua, buat tujuan yang jelas. Sesuaikan juga pengeluaran dengan pemasukan. Kebanyakan orang memilih untuk berinvestasi bagi masa depan.

Ketiga, meminimalisisr pengeluaran. Seperti menghemat untuk tidak sering jajan, mengurangi intensitas belanja, dan sebagainya. Beri batasan untuk hal yang termasuk prioritas dan yang bukan. Melalui perencanaan yang cermat, ada harapan untuk realitas yang lebih baik.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini