Jangan Percaya! Ini 5 Mitos Kartu Kredit

Alya Ramadhanti, Jurnalis · Rabu 02 Desember 2020 14:18 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 02 622 2320244 jangan-percaya-ini-5-mitos-kartu-kredit-hUIRksZkla.jpg Kartu Kredit (Ilustrasi: Shutterstock)

JAKARTA - Kartu kredit merupakan alat pembayaran yang banyak membantu dengan segudang kemudahan dan promosi yang ada. Banyak keuntungan dan kekurangan memakai kartu kredit.

Beredar banyak mitos yang menyebabkan kesalahpahaman terkait penggunaan kartu kredit. Namun, tidak semua mitos yang ada benar. Melansir dari Real Simple, Rabu (2/12/2020) berikut beberapa mitos tentang kartu kredit yang tidak harus dipercaya.

Baca Juga: Mau Belanja Pakai Kartu Kredit? Jangan Lupa Aktifkan PIN-nya

Mitos 1: Hanya butuh satu kartu kredit

Kebenarannya, ideal menggunakan dua kartu kredit. Kartu kredit utama harus menjadi kartu yang digunakan untuk membayar semua tagihan. Kartu kedua harus menjadi cadangan, yang akan digunakan untuk biaya darurat.

Jika memiliki lebih dari dua kartu kredit, jangan khawatir. Simpan akun tersebut, dan gunakan secara bertanggung jawab. Dengan membayar saldo setiap bulan dan menggunakan kurang dari 10% dari total kredit yang tersedia. Tetapi jika kesulitan melacak saldo, tanggal jatuh tempo, serta syarat dan ketentuan lebih baik gunakan dua saja.

 

Mitos 2: Cash Back

Kebenarannya, cash back atau pengembalian uang ketika berbelanja menggunakan kartu kredit, nyatanya tidak benar-benar berupa pengembalian uang tunai langsung ke tangan pembeli, melainkan berbentuk cek, kredit untuk saldo Anda, atau kartu hadiah. Cara ini dipakai agar pembeli di lain waktu akan melakukan pembelian kembali menggunakan deposit tersebut kepada pihak yang memberikan promo cash back.

Mitos 3: Membayar iuran tahunan adalah membuang-buang uang

Kebenarannya, kartu kredit bisa sepadan dengan biayanya. Namun, sebelum mendaftar, lakukan perhitungan terlebih dahulu. Untuk melihat apakah manfaatnya membayar, atau melebihi biaya tahunan.

Mitos 4: Tidak ada salahnya mendaftar kartu toko

Kebenarannya, saat diskon diadakan, penjual menawarkan promosi, diskon, program hadiah, pembiayaan nol%, dan penawaran lainnya. Dengan syarat harus mendaftar dengan kartu kredit dan berlangganan. Tidak ada salahnya mendaftar dan ikut berlangganan, tetapi jangan di banyak toko karena akan berisiko menumpuk banyak hutang.

Mitos 5: Satu pembayaran yang terlewat tidak akan merusak skor kredit Anda

Kebenarannya, nilai kredit bisa anjlok lebih dari 100 poin. Semakin tinggi awalnya, semakin sulit jatuhnya. “Seseorang dengan skor lebih rendah sudah dipandang sebagai risiko, jadi kesalahan mereka sudah diperkirakan. Akibatnya, mereka berpotensi kehilangan hanya 60 hingga 80 poin.” ujar Liz Weston, penulis Skor Kredit.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini